Wednesday, February 8, 2023

Inilah Cara Mengatasi Indihome Lemot, Pasti Berhasil, Internet Lancar Kembali

by administrator
Inilah Cara Mengatasi Indihome Lemot, Pasti Berhasil, Internet Lancar Kembali

Bagi pengguna Indihome, internet Indihome yang lemot tentu akan menjadi masalah. Apalagi jika jaringan internet digunakan untuk bekerja maka, cara mengatasi Indihome lemot harus segera dilakukan. Berikut pembahasan cara-caranya:

1. Restart Router

Jika internet Indihome mulai lemot, cara paling dasar untuk menyelesaikannya adalah dengan merestart router. Pada router ada tombol power. Tekan saja tombol tersebut untuk mematikan. Tunggu beberapa saat, jangan langsung dinyalakan.

Setelah 5 sampai 10 menit, nyalakan lagi router dan biarkan router memproses internet. Perhatikan lampu indikator pada router. Jika sudah menyala semua dan menunjukkan sinyal yang stabil biasanya internet sudah bisa digunakan kembali.

Lakukan pengecekan dengan menggunakan laptop atau HP. Sambungkan perangkat ke internet lalu coba buka salah satu aplikasi yang membutuhkan internet. Jika sudah berhasil maka, internet Indihome siap digunakan kembali.

2. Letakkan Router di Area dengan Jangkauan Luas

Salah satu penyebab Indihome lemot adalah lokasi router yang tidak menjangkau area luas. Misalnya saja, router diletakkan di ruangan yang letaknya di pojok. Atau bisa saja ruangan memiliki tembok beton yang menghalangi persebaran sinyal.

Untuk itu, sebaiknya pindahkan penempatan router ke ruangan yang letaknya paling tengah. Dengan begitu lebih banyak area cakupan yang mendapat sambungan internet. Radius persebarannya bisa dimaksimalkan.

Selain itu, letakkan di ruangan yang minim sekat untuk meminimalisir hambatan yang mungkin terjadi. Dengan begitu, sinyal internet Indihome menjadi lebih lancar.

3. Sesuaikan Kapasitas Kecepatan Internet dengan Jumlah Pengguna

Internet Indihome tersedia dalam beberapa jenis dengan harga yang berbeda pula. Perbedaannya terletak pada kekuatan dan kecepatan jaringan internet. Hal ini tentu akan mempengaruhi jumlah pemakai dalam satu jaringan juga.

Untuk itu, pengguna harus mengetahui kekuatan jaringan internetnya. Setelahnya, lakukan pembatasan jumlah pengguna untuk menjaga kualitas jaringan. Jika penggunanya terlalu banyak sudah tentu jaringan akan menjadi lemot.

Sesuaikan juga kekuatan internet yang dipilih dengan jumlah penggunanya. Jika jaringan digunakan untuk orang banyak, jangan memilih paket dengan kecepatan yang rendah.

4. Periksa Kemungkinan Gangguan Teknis

Dalam beberapa kondisi, masalah jaringan Indihome lemot berada di server pusat. Gangguan ini tidak terjadi pada satu pengguna saja melainkan berlaku untuk semua pengguna.

Jaringan Indihome yang bermasalah dari pusat biasanya akan memakan waktu. Hal ini dikarenakan Indihome akan langsung melakukan maintenance untuk servernya yang bermasalah. Dengan begitu semua masalah server akan langsung bisa diselesaikan.

Jika hal ini terjadi maka tidak ada cara mengatasi Indihome lemot yang bisa dilakukan. Satu-satunya yang harus dilakukan adalah menunggu hingga maintenance pusat selesai dilakukan dan internet bisa berfungsi lagi.

5. Gunakan Penguat Sinyal

Jika semua cara sudah dilakukan dan tidak berhasil, bisa jadi permasalahan ada di kualitas sinyal pribadi pengguna. Biasanya hal ini dipengaruhi dengan kondisi atau lokasi tempat tinggal dan sekitarnya.

Jika hal ini terjadi tenang saja karena masih ada penyelesaiannya. Pengguna bisa menggunakan perangkat tambahan berupa penguat sinyal. Perangkat tambahan ini bisa dikoneksikan dengan jaringan Indihome untuk menguatkan sinyal.

Dengan begitu, sinyal yang tadinya lemah bisa menjadi lebih kuat dan tidak lemot lagi. Perangkat penguat sinyal ini banyak digunakan oleh pengguna Indihome di lingkungan yang memang sulit terjangkau atau ketika membutuhkan sinyal yang benar-benar kuat.

Dalam beberapa kondisi memang setiap WiFi termasuk Indihome akan mengalami gangguan. Setelah mengetahui cara mengatasi Indihome lemot diatas, tak perlu khawatir lagi. Jika nantinya jaringan Indihome menjadi lemot, langsung atasi dengan cara-cara di atas.

 

You may also like

Leave a Comment