Wednesday, February 8, 2023

Ingin Uji Kecepatan Internet WiFi? Cukup Gunakan Website, Tanpa Aplikasi

by administrator
Ingin Uji Kecepatan Internet WiFi? Cukup Gunakan Website, Tanpa Aplikasi

Saat ingin menggunakan sambungan WiFi di sebuah tempat, tentulah internet yang bagus yang diinginkan. Untuk hal ini, bisa dilakukan uji kecepatan Internet WiFi yang ternyata mudah. Website apakah yang bisa dikunjungi? Simak pembahasannya berikut ini:

  1. Speed Test Google

Seperti namanya, situs web ini adalah situs pengujian kecepatan WiFi yang disediakan oleh Google. Cukup mengetikkan namanya di mesin pencarian dan alat ui ini akan muncul. Konsepnya sederhana yaitu menghitung kecepatan koneksi yang tersambung.

Untuk menggunakan website ini bisa melalui HP atau laptop. Yang terpenting adalah perangkat harus tersambung di sambungan WiFi yang akan diuji. Kemudian, cukup masuk ke peramban dan buka Speed Test Google untuk kemudian melakukan pengujian kecepatan.

Setelah masuk ke situs web akan ada opsi ‘Jalankan Uji Kecepatan’ untuk memulai penghitungan. Website akan langsung mendeteksi alamat jaringan yang terhubung. Setelahnya, penghitungan akan dilakukan dan dalam beberapa saat hasil akan muncul.

  1. Speedsmart

Sama seperti tes uji kecepatan jaringan yang dimiliki oleh Google, tes yang satu ini juga bisa dilakukan melalui HP ataupun Laptop. Kemudian, perangkat yang akan digunakan harus terhubung ke jaringan yang kecepatannya ingin diketahui.

Setelah perangkat dan jaringan sudah siap, pengguna bisa masuk ke situs Speedsmart.net. Situs ini akan langsung mendeteksi identitas jaringan WiFi yang tersambung dengan perangkat. Jangan lupa untuk mencocokkan sebelum memulai dengan menu ‘Start Test’.

Situs web akan langsung melakukan penghitungan selama beberapa saat. Nantinya hasil tes akan muncul berupa kecepatan download, upload, dan latensi yang bisa dilakukan oleh sambungan WiFi. Informasi yang diberikan cukup lengkap bukan?

  1. Fast.com

Situs web untuk uji kecepatan internet WiFi yang ketiga adalah Fast.com. Fast.com menjadi situs web uji kecepatan jaringan yang dikembangkan oleh Netflix. Server yang digunakan adalah server luar negeri sehingga hasilnya sedikit beda.

Namun tenang saja, penggunaannya juga sangat mudah. Cukup menyambungkan perangkat ponsel atau laptop ke WiFi yang akan dites. Lalu, buka situs web ini dan mulai test. Situs web akan menyesuaikan secara otomatis dan melakukan penghitungan kecepatan.

Dalam beberapa saat hasil penghitungan akan dimunculkan. Hasilnya biasanya lebih rendah dari situs web lainnya. Namun sayangnya, yang dimunculkan oleh situs web ini adalah kecepatan secara garis besar, bukan informasi mendetail.

  1. Bandwidthplace.com

Sama dengan konsep situs web yang sebelum-sebelumnya, pengguna bisa menggunakan situs web ini untuk uji kecepatan jaringan. Caranya juga sangat mudah. Akses situs web Bandwidthplace.com dengan salah satu perangkat.

perangkat harus terhubung pada WiFi yang terhubung dengan perangkat. kemudian pada halaman utama situs web, klik ‘Start’. Situs web ini juga bisa mendeteksi server dan lokasi pengguna.

Setelahnya, situs web otomatis akan melakukan penghitungan. Jika penghitungan sudah selesai akan dimunculkan semua informasi, mulai dari server, provider, lokasi, hingga kecepatan unggah dan unduh internet.

  1. Speedtest.net

Situs web yang terakhir adalah Speedtest.net. Konsepnya sama dengan empat situs web pengujian kecepatan jaringan diatasnya. Tidak perlu melakukan penginstalan apapun. Cukup menyambungkan perangkat ke internet yang akan dites, dan situs web akan menyesuaikannya.

Saat akan melakukan pengujian dengan menggunakan Speedtest.com. Setelahnya, situs web akan memunculkan IP dan ISP dari WiFi yang terhubung. Pengguna harus menyesuaikannya..

Nantinya, Speedtest akan melakukan penghitungan kecepatan jaringan yang digunakan. Hasil yang dimunculkan berupa kecepatan jaringan untuk upload dan untuk download. Dengan begitu pengguna bisa mengetahui informasi lengkapnya.

Tidak perlu menginstal aplikasi tambahan, uji kecepatan internet WiFi bisa dilakukan cukup dengan situs web diatas. Penggunaan yang praktis memberi kemudahan bagi pengguna. Jadi, uji untuk kecepatan internet WiFi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja kan?

You may also like

Leave a Comment