Wednesday, February 8, 2023

Begini Mudahnya Cara Menyimpan Video dari Status WA Tanpa Aplikasi!

by administrator
Begini Mudahnya Cara Menyimpan Video dari Status WA Tanpa Aplikasi!

Mencari bagaimana cara menyimpan video dari status WA tanpa aplikasi memang diperlukan bagi sebagian orang kini. Belum lagi alasan utamanya dengan mengunduh aplikasi adalah karena harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup sedangkan nyatanya masih kurang.

Status WhatsApp sendiri pada dasarnya adalah layaknya aplikasi Instagram yang akan hilang dalam rentang waktu 24 jam. Untuk itu berikut akan diberikan cara untuk menyimpan video dari WhatsApp tanpa repot untuk mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Menggunakan WhatsApp Web

Cara menyimpan video dari status WA tanpa aplikasi yang pertama dan biasanya paling banyak dipilih adalah dengan WhatsApp Web. Penggunaannya sendiri memang harus menggunakan bantuan dari perangkat lain dan aplikasi lain yaitu browser.

Tampilannya tidak jauh berbeda dengan tampilan pada ponsel hanya saja memang terdapat beberapa perbedaan fitur yang akan sangat jelas terlihat. Berikut akan diberikan penjelasan langkahnya:

  • Siapkan perangkat selain ponsel yang akan dilakukan untuk mengakses WhatsApp Web.
  • Sambungkan perangkat tersebut dengan sambungan koneksi jaringan internet.
  • Masuk dalam browser apapun yang tersedia di sana.
  • Ketik ‘WhatsApp Web’ pada kolom pencarian Google.
  • Scan barcode yang tersedia pada laman hasil pada perangkat tersebut dengan akses sambungan perangkat pada WhatsApp melalui ponsel.
  • Buka status orang lain menggunakan WhatsApp Web dan pilih salah satu.
  • Klik kanan sebanyak satu kali.
  • Pilih ‘Save As’.
  • Pengguna akan dipersilahkan untuk memilih di folder mana hasil download tersebut akan disimpan. Jika sudah, maka klik folder tersebut.
  • Selesai. Pengguna akan mendapatkan salinan video dari status WhatsApp tersebut pada perangkat baru yang digunakan tersebut.

Menggunakan Fitur yang Ada Pada Ponsel

Kelengkapan dari fitur yang tersedia dapat dijadikan cara menyimpan video yang ada dari status WA tanpa aplikasi yang anti ribet. Karena sebagian pengguna merasa melakukan akses melalui browser dengan bantuan perangkat lain justru semakin merepotkan.

Hal tersebut akan merasa semakin menyulitkan bagi pengguna yang tidak memiliki perangkat lain untuk mengaksesnya. Sehingga berikut ini akan dijelaskan beberapa fitur pada ponsel yang dapat dimanfaatkan dalam hal ini disertai penjelasan singkat di dalamnya.

1. Menggunakan Perekaman Layar dengan Screen Record

Pada ponsel biasanya memiliki fasilitas dari screen record tersendiri yang tidak perlu menggunakan aplikasi. Sejatinya video adalah merupakan sebuah tayangan yang jika hanya mengandalkan Screen Shoot saja rasanya tidak akan cukup membantu.

Belum lagi jika video tersebut berisikan sebuah sarana informasi yang cukup penting jika harus terlewatkan. Pengguna hanya perlu untuk melakukan pengaktifan pada fitur tersebut dan mulai menyorot video pada status tersebut dan akan otomatis tersimpan.

2. Mengakses Google File dan File Manager

Pengguna pasti akan sedikit bingung bagaimana cara untuk menyimpan video dari status WA tanpa aplikasi menggunakan file manager. Padahal sebenarnya cara ini sudah sejak lama dapat dilakukan hanya saja memang belum banyak pengguna yang mengetahuinya.

Cara ini adalah dengan mengaktifkan fitur tersembunyi terlebih dahulu yang terletak pada Google File dalam ponsel. Dengan begitu pengguna dapat membuka keseluruhan status teman dan melihatnya melalui File Manager pada folder ‘WhatsApp Media’ yang ada di penyimpanan ponsel.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara menyimpan video dari status WA tanpa aplikasi yang dapat dilakukan oleh pengguna. Informasi singkat ini diharapkan dapat membantu siapa pun dalam menyelesaikan permasalahan dalam menyimpan status secara langsung tanpa bantuan dari pihak ketiga.

You may also like

Leave a Comment