Wednesday, February 8, 2023

2 Cara Mengganti Nama WiFi IndiHome Beserta Tips Menggantinya

by administrator
2 Cara Mengganti Nama WiFi IndiHome Beserta Tips Menggantinya

Baru berlangganan IndiHome dan ingin mengubah nama jaringan sesuai keinginan? Bagi pengguna yang masih pemula bisa menggunakan dua cara mengganti nama WiFi IndiHome serta mengetahui tips-tipsnya. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak penjabaran di bawah ini:

Cara Mengubah Nama WiFi

Mengubah nama jaringan dapat dilakukan untuk kesenangan atau menjaga keamanan WiFi. Berikut ini adalah dua cara melakukannya sesuai dengan modem yang dimiliki pengguna:

1. Modem ZTE

Hampir semua pelanggan IndiHome tentu menggunakan modem atau router merk ZTE. Langkah-langkah untuk mengganti nama jaringannya yakni sebagai berikut ini:

  • Nyalakan perangkat berupa smartphone ataupun PC.
  • Sambungkan perangkat dengan WiFi IndiHome dari modem ZTE.
  • Akses peramban seperti Explore, Opera, ataupun Chrome.
  • Masukkan 192.168.1.1 pada kolom penelusuran dan klik Cari untuk otomatis masuk ke situs ZTE.
  • Isi username serta kata sandi akun milik pengguna.
  • Pilih Login, lalu klik menu Wireless/Network yang tertera di halaman awal atau Dashboard.
  • Klik pilihan SSID kemudian isi nama WiFi yang diinginkan.
  • Pilih Submit apabila pergantian nama WiFi sudah selesai.

2. Modem Huawei

Bagi pengguna modem Huawei, tentu tidak boleh terlewatkan dan bisa mencoba cara mengganti nama WiFi satu ini. Ikuti langkah-langkah mengganti nama WIFi di bawah ini:

  • Buka perangkat yang dimiliki oleh pengguna kemudian hubungkan dengan WiFi modem Huawei.
  • Klik peramban yang tersedia lalu masukkan 192.168.100.1 di kolom pencarian.
  • Pilih Cari atau klik tombol Enter agar pengguna langsung terhubung pada situs pengaturan WiFi Huawei.
  • Isi nama akun beserta kata sandinya ke dalam kolom yang tersedia di laman pertama, lalu klik Login. Bila tidak mengetahui atau tidak pernah mengganti data sebelumnya, coba isi kedua kolomnya dengan “admin”.
  • Klik pilihan bernama WLAN kemudian pilih menu SSID Name.
  • Ubah nama WiFi sesuai ketentuan batas karakter dan klik Submit jika sudah.

Tips Mengubah Nama WiFi

Cara mengganti nama WiFi Indihome memang cenderung mudah, namun pengguna juga harus tahu tips penting untuk mengubah namanya. Tips-tips tersebut akan dijelaskan berikut ini:

1. Ganti Nama Secara Rutin

Perubahan nama WiFi atau Service Set Identifier(SSID) secara berkala diperlukan untuk menjaga keamanan jaringan. Di samping itu, pengguna jadi lebih mudah untuk mendeteksi nama jaringan ketika akan dipakai atau diberitahukan ke orang lain.

2. Gunakan Angka dan Huruf

Selain diganti secara rutin, nama yang lebih kompleks dapat meningkatkan keamanan jaringan WiFi. Maka dari itu, jangan hanya menggunakan susunan huruf saja. Ada baiknya bila pengguna menyusun nama jaringan dengan kombinasi angka serta huruf.

3. Jangan Gunakan Kata Sandi

Pengguna disarankan tidak memakai nama yang sama dengan kata sandi WiFi. Ini juga merupakan langkah untuk menjaga keamanan jaringan internet dari perangkat asing yang tersambung. Jangan pula untuk memakai kata sandi email atau pin ATM.

Informasi pribadi juga disarankan untuk tidak menjadi nama WiFi. Seperti contoh, tanggal lahir, nama lengkap, alamat lengkap, dan informasi pribadi penting yang lainnya.

4. Gunakan Variasi Nama yang Lucu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengganti nama WiFi juga sebagai kesenangan saja. Pengguna dapat memakai nama-nama yang lucu seperti karakter kartun atau nama alay. Pemakaian nama yang unik serta lucu akan membuat nama mudah dikenali.

5. Jangan Mengganti Nama Sambil Mengunduh

Tips terakhir yang wajib diterapkan yakni jangan melakukan pergantian nama jaringan sambil mengunduh sesuatu dari internet. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan download di tengah proses karena kemungkinan internet akan terputus.

Demikian cara mengganti nama WiFi Indihome beserta lima tips yang dapat diterapkan. Segera gunakan dua cara yang tertera di atas dan ubah nama jaringan sesuai keinginan para pengguna.

You may also like

Leave a Comment