Wednesday, February 8, 2023

Cara Mengetahui IP WiFi dan Resiko Jika Tersebar Sembarangan

by administrator
Cara Mengetahui IP WiFi dan Resiko Jika Tersebar Sembarangan

Hampir kebanyakan pengguna gadget telah memiliki layanan WiFi untuk dapat terhubung dengan internet secara cepat, ekonomis, dan mudah. Setiap perangkat tersebut memiliki IP Address masing-masing. Cara mengetahui IP WiFi ini sangatlah penting untuk pemilik WiFi.

Kemudahan dalam mengetahui IP Address ini bisa saja disalahgunakan oleh orang lain. Untuk itu, amankan IP Address WiFi tersebut agar tidak diketahui oleh orang lain. Pasalnya, ada resiko yang sangat besar jika IP ini tersebar ke orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengetahui IP WiFi Indihome

Sebenarnya untuk mengetahui IP Address ini sangatlah gampang. Bagi siapapun yang hendak mengetahui IP dengan cara berikut tidak harus memiliki keahlian khusus. Adapun cara dalam mengetahui IP WiFi di semua perangkat ini, antara lain:

1. PC/Laptop

Dalam mengakses internet dengan PC ataupun Laptop ini akan cepat menghabiskan kuota internet yang dimiliki. Tak jarang jika banyak orang yang mencari layanan WiFi untuk menghubungkan internet ke perangkat ini dengan harga yang jauh ekonomis.

Sejatinya, setiap perangkat atau gadget ini telah memiliki IP Address masing-masing. Bahkan, pada merk gadget yang sama, IP Address ini pun turutlah berbeda. Untuk itu, bagi pemilik jasa layanan WiFi ini haruslah tahu mengenai IP Addres dari masing-masing perangkat yang terhubung ke WiFinya.

  • Pergi ke menu “Control Panel” yang bisa ditemukan dengan mencarinya melalui menu pencarian.
  • Selanjutnya, bukalah pada menu pengaturan “Network and Internet”.
  • Kemudian, cari dan tekan “Network and Sharing Center”.
  • Kemudian, temukan menu “Details” untuk bisa mengetahui IP Address dari perangkat PC/Laptop tersebut.

2. Android

Perangkat Android ini menjadi gadget yang paling sering terhubung dengan koneksi layanan internet WiFi. Selain PC/laptop, setiap Android ini pun memiliki jenis IP Address yang berbeda-beda. Untuk mengetahui IP Address dari Android ini, lakukanlah tahapan berikut:

  • Cari menu Pengaturan pada smartphone yang dimiliki tersebut.
  • Kemudian, pilih menu “Jaringan” dan klik pada WiFi yang telah terkoneksi dengan perangkat tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga IP Address muncul.

3. iOS

IP Address ini tidak hanya dimiliki oleh PC,laptop, ataupun Android saja, melainkan iOS ini pun juga memiliki IP Address uniknya tersendiri. Adapun cara dalam mengetahui IP Address dari iOS ini, antara lain:

  • Carilah menu “Pengaturan” dan klik “WiFi”.
  • Tekan ikon “i” pada WiFi yang terkoneksi dengan perangkat iOS ini.
  • Tunggu beberapa saat dan IP Address perangkat iOS tersebut akan muncul.

Resiko IP WiFi Indihome Diketahui Orang Lain

Perlu diketahui bahwa IP Address ini perlu dijaga dengan baik agar tidak sampai diketahui oleh orang lain. Saat IP Address jatuh ke tangan orang lain dan disalahgunakan, hal ini bisa berdampak buruk terhadap keamanan data pribadi pemilik IP Address tersebut.

1. Mengganggu Privasi Kehidupan

Pemilik IP Address yang telah disalahgunakan ini bisa terancam akan privasi yang dimilikinya. Orang lain yang menyalahgunakan IP Address ini bisa saja melakukan pelacakan terhadap lokasi terkini pemilik yang tentunya akan cukup membahayakan keselamatan diri pemilik.

2. Peretasan Data Pribadi

Saat orang lain mengetahui IP Address ini dapat meningkatkan resiko peretasan terhadap data pribadi yang dimiliki di perangkat tersebut. Data pribadi yang diambil tersebut dapat disalahgunakan dengan menjadi penjamin atau pendaftaran di pinjaman online.

Cara mengetahui IP WiFi pada semua perangkat gawai ini sangatlah gampang. Akan tetapi, resiko dari kemudahan tersebut dapat berdampak buruk bagi pemilik IP Address tersebut. Untuk itu, jaga keamanan IP Address ini agar tidak tersebar ke orang lain.

 

You may also like

Leave a Comment