Thursday, February 9, 2023

Cara Mengatasi WiFi Indihome Tidak Ada Internet dengan Cepat!

by administrator
Cara Mengatasi WiFi Indihome Tidak Ada Internet dengan Cepat!

WiFi Indihome terkadang memang sering bermasalah baik internet lemot atau jaringan yang sudah terkoneksi tetapi tidak bisa dipakai untuk mengakses internet. Berikut ini bagaimana cara mengatasi WiFi Indihome tidak ada internet dengan cepat!

Penyebab WiFi Indihome tidak ada Jaringan Internet

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi WiFi Indihome tidak ada internet, baiknya pengguna WiFi Indihome mengetahui dulu apa yang menjadi penyebab internet tidak dapat diakses.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan jaringan WiFi Indihome termasuk tetapi tidak dapat digunakan untuk mengakses internetnya:

  • Router Error. Permasalahan pertama yang menjadi penyebab WiFi tersambung tetapi tidak ada koneksi internet berada pada router yang error. Fungsi utama router adalah untuk melancarkan sinyal WiFi, maka jika router error sinyal WiFi juga akan terganggu.
  • Jaringan Bermasalah. Penyebab lain yang dapat mengakibatkan jaringan WiFi Indihome tidak dapat mengakses internet ada pada jaringannya sendiri. Kemungkinan dapat disebabkan oleh cuaca atau iklim, tetapi juga tak menutup kemungkinan permasalahan ada pada kabel WiFi Indihome sendiri.
  • Kesalahan Konfigurasi Perangkat. Pengaturan konfigurasi yang tidak tepat dapat mengganggu WiFi dalam menangkap sinyal yang disalurkan. Hal ini dapat menjadi penyebab jaringan WiFi Indihome tersambung, tetapi tidak dapat digunakan untuk mengakses internet.

Cara Mengatasi WiFi Indihome Tidak Ada Internet

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab WiFi Indihome tersambung namun tidak dapat mengakses internet, selanjutnya pengguna tentu akan berusaha mencari cara untuk mengatasi permasalahannya. Berikut beberapa cara yang dapat dicoba.

1. Restart atau Reboot Router

Cara pertama yang dapat dicoba adalah dengan merestart router atau jika perlu reboot router. Tentu hal tersebut untuk mengatasi permasalahan seperti jaringan yang tersambung tapi tidak dapat digunakan untuk membuka internet WiFi Indihome.

Pengguna cukup mematikan router dan tunggu sekitar 30 detik kemudian menyalakannya kembali. Setelah lampu indikator DSL stabil, periksa kembali jaringan dan cek apakah internet sudah dapat digunakan atau belum.

Setelah mencoba restart router namun ternyata masih tidak ada internet, bisa dicoba untuk reboot router. Caranya yaitu nyalakan router, tekan tombol reset hingga router mati. Selanjutnya masukkan IP Address, username dan password dan tunggu hingga proses reboot selesai.

2. Cek Pengaturan Perangkat

Jika WiFi tersambung tetapi koneksi internet tidak ada, cobalah periksa pengaturan koneksi pada perangkat yang sedang digunakan. Pastikan perangkat tidak dalam mode pesawat atau driver ethernet dalam laptop sudah terpasang dan diperbaharui.

3. Restart Perangkat yang Digunakan

WiFi Indihome yang terhubung namun tidak ada internet bisa saja terjadi bukan karena masalah pada WiFinya. Namun bisa juga karena perangkat HP atau Laptop yang terhubung. Hal ini bisa terjadi karena masalah sinyal dan lain-lain.

Maka dari itu, cara lain untuk menghubungkan WiFi Indihome kembali bisa dicoba dengan restart perangkat yang digunakan dengan cara matikan dulu HP atau laptopnya. Kemudian nyalakan kembali dan coba hubungkan kembali WiFi Indihome dengan perangkat pengguna.

4. Hubungi Customer Service Indihome

Cara mengatasi WiFi yang tidak terkoneksi dengan internet juga bisa dilakukan dengan menghubungi customer service dari penyedia layanan. Pengguna dapat menyampaikan kendala yang dihadapi.

Jika ada gangguan atau perbaikan jaringan dari pihak penyedia, Indihome akan segera menginformasikannya kepada semua pelanggan setia Indihome.

Itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi WiFi Indihome tidak ada internet dengan cepat, mudah dan tidak memerlukan bantuan aplikasi. Pengguna bisa mempraktikkannya secara mandiri.

You may also like

Leave a Comment