Thursday, February 9, 2023

Cara Mengatasi Indosat Lemot dengan Mudah!

by administrator
Cara Mengatasi Indosat Lemot dengan Mudah!

Jaringan Indosat memang terkadang mengalami gangguan seperti koneksi lambat atau istilah lainnya lemot. Tentu ada banyak penyebab mengapa jaringan bisa lemot dan pasti ada cara mengatasi Indosat lemot tanpa ribet.

Ada banyak penyebab yang mendasari koneksi lambat atau lemot. Faktor penyebab utamanya tentu jaringan Indosat sendiri, perangkat atau smartphone yang digunakan, cuaca dan beberapa penyebab yang lain.

Penyebab Jaringan Indosat Lemot

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beberapa faktor penyebab jaringan Indosat lemot ada pada jaringan Indosat sendiri, cuaca, lokasi atau tempat dan lain-lain. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Smartphone atau Perangkat yang Digunakan

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan jaringan Indosat lemot ada pada tipe smartphone atau perangkat yang digunakan. Jika pengguna menggunakan perangkat lama yang hanya mendukung jaringan 3G saja, tentu jaringan Indosat yang pengguna gunakan akan lemot.

2. Belum Upgrade ke Jaringan 4G

Jaringan 4G saat ini sudah menjangkau semua wilayah di Indonesia. Jika pengguna masih menggunakan kartu Indosat yang lama dan belum menggantinya ke kartu 4G tentu saja hal itu membuat jaringan Indosat pengguna lemot.

Untuk itu silahkan beralih ke kartu 4G Indosat, untuk menikmati kelancaran jaringan yang lebih cepat. Pengguna dapat mengupgrade kartu Indosat 3G ke 4G di gerai Indosat terdekat dari tempat pengguna.

3. Lokasi atau Tempat dan Cuaca

Mengapa lokasi dan cuaca dapat menjadi penyebab jaringan Indosat lemot? Tempat atau lokasi yang terlalu pelosok tentu belum terjangkau dengan baik oleh jaringan 4G Indosat. Hal tersebut menjadikan jaringan lemot.

Selain itu cuaca seperti hujan angin, petir dan badai juga dapat menjadi penyebab jaringan lemot karena mengganggu aliran listrik dan juga internet pada wilayah tersebut.

Cara Mengatasi Jaringan Indosat yang Lemot

Setelah memahami apa saja yang dapat menyebabkan jaringan Indosat menjadi lemot, selanjutnya pengguna perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi jaringan Indosat yang lemot.

1. Nyalakan Mode Pesawat pada Smartphone

Cara pertama yang dapat dicoba untuk mengatasi jaringan lemot pada Indosat adalah dengan mengaktifkan fitur mode pesawat atau airplane mode yang ada di smartphone.

Mengapa mode pesawat dapat menjadi cara mengatasi Indosat lemot? Jawabannya adalah saat pengguna mengaktifkan mode pesawat di smartphonenya maka jaringan Indosat akan melakukan sambungan ulang dengan jaringannya. Jaringan pun akan memulai IP baru.

2. Atur Ulang APN Indosat

Selain menyalakan mode pesawat, pengguna juga dapat mengatur ulang APN Indosat untuk mengatasi jaringan Indosat yang lemot. Indosat menyetel APN secara default dengan indosatgprs.

Untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat dan bagus, pengguna dapat mengotak-atik dan mengatur ulang APN default dari Indosat tersebut. Dengan begitu, jaringan menjadi stabil dan tidak lemot lagi.

3. Istirahatkan Smartphone Sementara

Mengistirahatkan smartphone sementara waktu memang terkadang diperlukan. Penggunaan smartphone yang berlebihan tentu meningkatkan temperatur panas pada smartphone itu sendiri.

Hal itu tentu dapat menjadikan performa smartphone menurun, akibatnya sinyal jaringan yang digunakan menjadi lemot. Tak perlu terlalu lama cukup istirahatkan selama 1 jam saja atau sampai suhu smartphone sedikit turun.

4. Hidupkan Ulang Smartphone

Jika menggunakan mode pesawat, mengatur ulang APN dan mengistirahatkan sementara smartphone belum berhasil mengatasi permasalahan jaringan yang lemot, maka pengguna dapat mencoba untuk menghidupkan ulang smartphone.

Menghidupkan ulang smartphone dapat menjadi opsi terakhir untuk mengatasi jaringan Indosat yang lemot. Dengan menghidupkan ulang tentu sinyal dan kinerja smartphone dapat menjadi normal kembali.

Itu dia beberapa cara mengatasi Indosat lemot dengan mudah tanpa perlu bantuan aplikasi. Faktor penyebab lemotnya jaringan seperti cuaca memang tidak dapat diprediksi. Pengguna hanya dapat memperbaiki faktor penyebab yang lain seperti mengupgrade kartu Indosat atau smartphone.

You may also like

Leave a Comment