Thursday, February 9, 2023

Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone Tanpa Ribet

by administrator
Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone Tanpa Ribet

Cloud storage besutan Apple yakni iCloud difungsikan untuk melakukan pencadangan berbagai file. Namun, ruang penyimpanan ini juga terbatas sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi iCloud penuh di iPhone. Sebab, iCloud berkapasitas 5 GB saja.

iCloud mirip dengan Google Drive yang memudahkan pengguna dalam menyimpan berbagai file. Meski perbedaan keduanya adalah pada kapasitas yang disediakan. Pengguna iPhone bisa mengakses iCloud secara gratis melalui perangkat mereka.

6 Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone

iCloud yang sudah penuh seringkali disertai dengan notifikasi yang muncul pada perangkat. Untuk membersihkannya, beberapa cara berikut mudah dilakukan dan dapat diikuti, yaitu:

1. Memilih Aplikasi Tertentu untuk Dicadangkan

Kapasitas iCloud terbatas sehingga penting untuk memilih manakah aplikasi yang memang harus dicadangkan. Pilih menu pengaturan pada perangkat, pilih iCloud. Pengguna bisa mengetuk tulisan kelola penyimpanan dan pilih cadangan.

Pengguna bisa menemukan nama perangkat yang digunakan. Pilih menu yang bertuliskan “Pilih Data untuk Cadangkan, Nonaktifkan Aplikasi Apapun yang Tidak Ingin Dicadangkan”. Berikutnya, pilih menu bertuliskan “Nonaktifkan dan Hapus”.

2. Menghapus file di iCloud

Cara mengatasi iCloud penuh di iPhone lainnya adalah dengan menghapus file yang tidak penting. Ada beberapa file yang bisa tersimpan secara otomatis. Masuk ke app “Files” dan telusuri.

Pilih menu iCloud Drive, pilih folder atau file yang akan dihapus. Kemudian buka lokasi dan pilih menu bertuliskan “hapus”. Perlu diingat bahwa langkah ini akan menghapus file atau folder secara permanen.

3. Membersihkan Data Aplikasi iPhone

Selama menggunakan aplikasi pada perangkat iPhone, ada banyak sampah atau cache yang menumpuk. Jika dibersihkan secara berkala, cara ini mampu mengatasi iCloud yang penuh. Selain membersihkan cache, pengguna juga bisa meng-uninstall aplikasi yang tidak penting.

Caranya, masuk ke menu setting dan pilih iCloud Drive. Pilih manage storage kemudian tentukan aplikasi yang menghabiskan banyak ruang pada iCloud. Pengguna bisa menghapus cache tersebut pada menu delete data.

4. Membersihkan Lampiran Email

Membersihkan lampiran email menjadi salah satu cara mengatasi iCloud penuh di iPhone. Pengguna jarang memperhatikan hal tersebut padahal bisa menghemat iCloud. Email dengan lampiran akan masuk secara otomatis ke dalam memori backup iPhone.

Cara membersihkannya, masuk ke aplikasi email yang ada pada perangkat. Periksa email utama dan pilih email yang sudah tidak diperlukan. Klik dan tahan untuk menyeleksi email, pilih menu delete untuk menghapus email tersebut.

5. Menambah Kapasitas iCloud

Apple menyediakan iCloud gratis dengan kapasitas 5GB. Apabila ukuran tersebut dirasa kurang untuk menyimpan berbagai file dan dokumen, pengguna bisa menambah kapasitas menjadi lebih besar. Namun, cara ini tentu dengan harga yang harus dibayar.

Kapasitas 50 GB disebut memiliki harga mulai dari Rp. 15.000-an per bulan. Sementara untuk kapasitas lebih besar hingga 2TB seharga Rp. 149.000-an perbulannya. Pengguna bisa menyesuaikan kapasitas tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan.

6. Menghapus Foto

Jenis file yang sering tersimpan secara otomatis pada iCloud adalah foto. Mengingat hasil foto iPhone yang bagus, tak heran jika pengguna gemar menggunakan aplikasi kamera. Koleksi foto bisa mencapai ribuan dan menghabiskan ruang pada iCloud.

Hapus beberapa foto yang tidak diperlukan. Jika memang perlu, pindahkan foto-foto itu pada laptop atau perangkat lain. Cara ini bisa membantu pengguna tetap mendapatkan foto tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

iPhone memiliki pengaturan bawaan dimana file yang tersimpan akan dicadangkan langsung. Sayangnya, hal itu membuat iCloud mudah penuh. Beberapa cara mengatasi iCloud penuh di iPhone ini akan membantu pengguna mendapat ruang penyimpanan kembali besar.

You may also like

Leave a Comment