Wednesday, February 8, 2023

Simak Pengertian Beserta Cara Mengatasi FD Write Protected Paling Ampuh!

by administrator
Simak Pengertian Beserta Cara Mengatasi FD Write Protected Paling Ampuh!

Pada saat ini, penggunaan flash disk kerap digunakan untuk mentransfer file ke perangkat lain, flashdisk tentu saja bisa mengalami error. Pengguna harus mengetahui cara mengatasi FD write protected dengan mudah dan pastinya akan berhasil.

Kejadian seperti flash disk yang mengalami write protected harus segera ditangani sebab hal tersebut akan merusak flash disk. Oleh sebab itu, sebelum menyimak pelbagai caranya, pengguna dapat mengetahui pengertiannya di bawah ini:

Apa Itu Flash Disk Write Protected?

Pengguna harus mengetahui bahwa flashdisk write protected merupakan sebuah kondisi di mana flashdisk dalam keadaan yang terkunci. Pengguna tak akan dapat menambah ataupun menghapus data. Jadi pengguna tak akan dapat mengolah data sedemikian rupa.

Kondisi tersebut tentu memiliki faktor pemicunya.Seperti contoh flashdisk terserang virus, pengguna asal mencopotnya, hingga dikarenakan umur flashdisk yang sudah tua. Pelbagai penyebab tersebut harus dihindari untuk mengantisipasi kejadian serupa.

Pengguna bisa mengaktifkan software antivirus yang bisa memindai virus di flashdisk. Lakukan hal tersebut setiap akan menggunakan flash disk. Pengguna harus memperhatikan dengan betul keamanan flash disk yang digunakan.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Beralih ke penjelasan mengenai cara untuk mengatasinya. Usai pengguna memahami akan istilah FD write protected di atas, pengguna diharuskan memahami cara untuk mengatasinya. Mari simak pelbagai penyebabnya di bawah ini:

1. Format Flash Disk

Cara pertama adalah dengan melakukan format flash disk. Namun, pengguna tidak bisa langsung asal format saja. Diperlukan metode khusus agar dapat melakukan format terhadap seluruh isi flash disk. Mari simak beberapa metodenya berikut:

  • Klik Windows dan R untuk membuka “Run Dialogue”.
  • Pilih opsi “Regedit”, lalu klik Enter.
  • Masukkan kata kunci “Write Protect”.
  • Klik dua kali pada mouse atau touchpad.
  • Perintah “Edit DWORD (32-bit) Value” akan segera terbuka.
  • Atur menjadi angka 0 untuk menonaktifkan masalah FD write protected.

2. Pindai Virus pada Flash Disk

Dengan memindai virus terlebih dahulu pada flash disk maka akan mengantisipasi dan juga mengatasi FD yang write protected. Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan aplikasi pemindai virus yang bisa dipasang pada perangkat laptop dan PC.

Pengguna bisa memindai virus untuk melihat penyebab FD yang terkunci. Biasanya aplikasi pemindai virus juga dilengkapi dengan scan permasalahan yang terjadi pada perangkat. Aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan mudah di internet.

Usahakan agar perangkat selalu melakukan pemindaian virus pada flashdisk. Hal ini guna mengantisipasi kejadian serupa yang bisa saja terulang lagi.

3. Hapus File Write Protection

Cara mengatasi FD write protected yang terakhir ini bisa dilakukan dengan menghapus file write protection secara manual. Tentunya diperlukan langkah-langkah khusus agar bisa menjalankannya tanpa adanya hambatan. Mari simak tahapannya berikut:

  • Klik kanan pada mouse, kemudian pilih opsi “Properties”.
  • Masuk ke opsi “Attributes” dan jangan centang “Read-Only”.
  • Kemudian sistem akan menampilkan nama file yang corrupt.
  • Nama yang terlalu panjang ataupun yang tak sesuai aturan akan membuat FD menjadi write protection.
  • Hapus file yang corrupt tersebut.

Ketiga cara diatas dapat pengguna gunakan jika mengalami FD write protected. Tentunya harus mengikutinya dengan seksama agar bisa segera mengatasi FD yang bermasalah tersebut. Pastinya akan mudah untuk diikuti.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi FD write protected yang paling ampuh dan bisa langsung diikuti oleh pengguna. Tentunya dengan mengikuti pelbagai cara di atas, maka flashdisk masih bisa diselamatkan.

 

You may also like

Leave a Comment