Wednesday, February 8, 2023

Lakukan 6 Cara Memperluas Jangkauan WiFi Berikut Ini!

by administrator
Lakukan 6 Cara Memperluas Jangkauan WiFi Berikut Ini!

Bagaimana cara memperluas jangkauan WiFi memang sangat diperlukan mengingat jangkauan sekarang ini tidak begitu luas. Jika pada biasanya dapat mencangkup puluhan radius, kini hanya untuk cangkupan yang sedikit saja atau dalam jarak yang dekat.

Selain karena faktor dari berkurangnya kemampuan WiFi tersebut namun juga bisa saja disangsikan karena adanya kendala sebagai penyebabnya. Untuk itu maka informasi berikut akan diberikan guna memberikan cara sebagai solusi agar jangkauan WiFi tersebut meluas.

1. Menghindari Router dari Adanya Koneksi dengan Perangkat

Beberapa benda bisa disebutkan sebagai adanya penghalang jaringan dari jangkauan WiFi dengan sebut saja perangkat listrik. Perangkat tersebut seperti laptop hingga microwave yang bisa saja menghalangi konektivitas dari sebuah jaringan penghubung karena daya yang berbenturan.

Dengan hal tersebut, maka ada baiknya jika pengguna selalu mengamankan keberadaan dari router tersebut. Tentu dengan cara ini setidaknya menjadi salah satu cara agar jaringan dapat meluas hingga beberapa jarak tertentu dan WiFi dapat digunakan.

2. Menempatkan Router pada Tempat yang Mendapat Banyak Jangkauan Sinyal

Fungsi router sendiri adalah sebagai alat untuk menangkap jaringan dan yang akan kembali meneruskan jaringan itu sendiri. Penerusan jaringan itu akan diberikan pada perangkat lain seperti ponsel atau laptop yang mencoba untuk melakukan penghubungan.

Karena hal tersebutlah, menempatkan router pada tempat yang strategis akan sinyal akan membantu penjangkauan jaringan yang diberikan. Pengguna dapat mencobanya dengan menaruh router pada satu garis lurus dengan antena televisi yang terpasang di rumah.

3. Menggunakan dan Memasang WiFi Extender

Cara memperluas jangkauan WiFi ini adalah dengan menambah perangkat lain yang akan disatukan dan disambungkan. WiFi Extender sendiri tidak hanya memperluas jangkauan sinyal saja namun juga memberikan penambahan kecepatan yang dapat juga dirasa.

Alat ini dapat dibeli pada beberapa alat elektronik terpercaya atau membelinya langsung pada tempat dimana WiFi dipasangkan. Sehingga dengan adanya perangkat ini bisa dikatakan akan menjadi pemancing awal untuk kualitas sinyal dan radius pencapaiannya.

4. Menerapkan Sistem Bandwidth Management pada WiFi

Teknik penerapan dari sistem ini dilakukan oleh pengguna itu sendiri dengan mengandalkan pengaturan pada WiFi yang digunakan. Penerapan ini sendiri dilakukan agar penggunaan jaringan oleh user akan mendapatkan takaran dari besaran koneksi internet tersebut.

Jika secara logika maka penerapan sistem ini bukannya memperluas malah justru akan mempersempit saja namun bukan disitu poinnya. Cara ini dapat dilakukan berulang kali dengan menghidup dan mematikannya sehingga nantinya jaringan akan meluas dengan sendirinya.

5. Menggunakan Tambahan Signal Booster

Sama seperti namanya, signal booster ini merupakan perangkat tambahan untuk pendamping router yang berfungsi sebagai penguat sinyal. Dengan melalui proses dikuatkannya sinyal tersebut maka pengguna akan merasakan bedanya ketika jaringan akan meluas begitu saja.

Penambahan signal booster ini memang harus merogoh kocek lebih karena harus membelinya secara terpisah dengan perangkat WiFi lainnya. Namun dengan begitu, sebagai langkah untuk memperluas jaringan dari WiFi dapat paling mudah dikerjakan dengan cara ini.

6. Menggunakan Access Point

AP atau Access Point merupakan sebuah jaringan yang kini dihadirkan secara wireless atau tanpa kabel untuk menangkap koneksi. Penangkapan sinyal ini akan dilakukan oleh AP ketika perangkat tersebut dihidupkan dan fitur tersebut mulai dinyalakan.

Penggunaan AP ini tidak perlu lagi dikhawatirkan karena pada WiFi umumnya saat ini mode AP terdapat pada pengaturan router. Pengguna hanya cukup melakukan pengaktifan lalu mode access point sudah termasuk dan digunakan di dalamnya.

Demikian penjelasan yang dapat diberikan terkait bagaimana cara memperluas jangkauan WiFi yang dapat dilakukan secara pribadi dengan mudah. Pengguna diharapkan selalu memperhatikan kesehatan dari pesawat atau set WiFi tersebut dan menghindarkannya dari partikel debu penghambat.

You may also like

Leave a Comment