Thursday, February 9, 2023

Berikut Cara Membuat Undangan Digital dengan Power Point

by administrator
Berikut Cara Membuat Undangan Digital dengan Power Point

Di era globalisasi, semuanya seakan berkembang menjadi digital, tak terkecuali undangan. Mengerti cara membuat undangan digital dengan Power Point merupakan skil yang patut untuk dipelajari. Karena dengannya, seseorang dapat membuat undangan dengan alat Power Point.

Sekarang undangan digital telah banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia, karena dinilai lebih hemat biaya pembuatannya. Secara umum, bentuk dari undangan digital terbagi menjadi dua, yaitu foto dan video. Untuk cara lebih lanjut, perhatikan berikut ini:

Membuat Undangan Digital Foto

Untuk cara membuat undangan digital yang pertama akan menghasilkan sebuah undangan yang berbentuk foto. Caranya cukuplah mudah dan hampir sama dengan mengedit pamflet atau brosur lainya. Lebih jelasnya perhatikan step by step berikut ini:

1. Menyiapkan Template

Cara pertama yang harus dilakukan pengguna adalah membuat template kosong pada Power Point yang akan dibuat mengedit nantinya. Langkah-langkahnya adalah:

  • Bukalah Power Point lalu buat slide kosong dengan klik menu “Blank Presentation”.
  • Kemudian klik kanan lalu pilih “Format Background”.
  • Silahkah pilih beberapa warna yang telah tersedia sesuai dengan selera.
  • Jika pengguna mau memasukkan foto untuk background maka pilih menu “Insert Picture” dan klik “Source”. Cari fotonya lalu klik “Insert”.
  • Edit background sesuai selera dan gunakan fitur “Set Transparent Color” untuk membuatnya lebih transparan.
  • Selanjutnya pilih “Apply to All” dan klik “Close”.

2. Memasukkan Teks

Tahap kedua yaitu memasukkan teks pada layer undangan. Masukkan segala tujuan dan informasi dari undangan yang diperlukan. Lalu tuliskan semua secara lengkap agar lebih informatif dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Pilih fitur “Text Box” pada menu “Insert”.
  • Kemudian ketik informasi yang diperlukan, lalu atur font, ukuran, dan warna dari teks tersebut.
  • Selanjutnya tempatkan teks tersebut dengan rapi pada layer undangan.

3. Sisipkan Ornamen Hiasan

Langkah selanjutnya adalah masukkan beberapa ornamen hiasan pada layer undangan. Hal tersebut agar design dari undangan terlihat lebih menarik. Caranya mudah, tinggal buka “Insert” lalu klik “Pictures”.

Lalu, cari berbagai ornamen hiasan dan klik “Insert” untuk menyisipkannya. Barulah tahap terakhir adalah simpan file tersebut dalam bentuk JPEG, langkah-langkahnya adalah:

  • Klik icon save pada bagian atas pojok kanan.
  • Kemudian pilih tempat untuk menaruh filenya.
  • Jangan lupa untuk memilih format JPEG saat menyimpan.
  • Lalu klik “All Slides” dan selesai.

Membuat Undangan Digital Video

Tutorial selanjutnya adalah membahas terkait cara membuat undangan digital dalam bentuk video atau MP4. Kali ini undangan akan terlihat lebih menarik, karena akan tampak lebih hidup dengan beberapa efek yang diberikan nanti.

Cara membuat undangan digital dengan Power Point versi video ini pun tak jauh berbeda dengan sebelumnya. Simak paparan berikut untuk lebih jelasnya:

1. Menyiapkan Background

Cara pertama yang penting untuk diperhatikan lebih lanjut oleh pengguna adalah menyiapkan background untuk undangan digital nantinya. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya, yaitu:

  • Masuklah pada Power Point lalu buat halaman baru.
  • Selanjutnya klik kanan pada slide yang masih kosong, lalu klik “Format Background”.
  • Silahkan atur background dengan warna sesuai selera.
  • Atau jika pengguna hendak memasukkan gambar lain, bisa dengan klik “Picture” lalu klik “Insert File”.
  • Kemudian klik “Apply to All’ lalu “Close”.

2. Menuliskan Isi Undangan

Tahap berikutnya adalah memasukkan teks isi undangan sesuai dengan kebutuhan. Masukkan semua informasi dengan lengkap agar undangan menjadi sangat informatif. Kemudian tata teks tersebut dengan rapi agar enak saat dipandang.

Pengguna juga boleh menambahkan animasi atau efek masuk teks agar undangan terlihat lebih hidup. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu mengisi slide hingga penuh, karena pengguna juga dapat menambah slide baru agar terlihat lebih rapi.

3. Memberikan Hiasan

Setelah semua isi undangan telah dimasukkan, cara selanjutnya adalah memasukkan beberapa hiasan pada undangan sesuai dengan tema. Pengguna dapat memakai gambar atau stiker yang menarik sebagai hiasan pada undangan.

Disarankan untuk melihat beberapa referensi undangan digital pada browser, sebagai tolak ukur dalam memberi hiasan nantinya. Pengguna juga bisa mendownload beberapa hiasan di browser untuk dimasukkan dalam slide Power Point.

Setelah semua telah tertata dengan rapi, simpanlah file Power Point dalam bentuk Video. Caranya yaitu dengan memilih “Create a Video” saat menyimpan file, kemudian tunggu hingga proses selesai.

Itulah cara membuat undangan digital dengan Power Point. Pelajari beberapa cara di atas dan jangan lupa untuk mempraktikkannya, karena akan sangat berguna jika nanti ingin membuat undangan digital. Dan tentu saja pembuatannya gratis tanpa memerlukan biaya.

You may also like

Leave a Comment