Wednesday, February 8, 2023

Apa Itu Mbps pada Wifi? Simak Ulasan Informasinya!

by administrator
Apa Itu Mbps pada Wifi? Simak Ulasan Informasinya!

Istilah Mbps tentu sering didengar kebanyakan orang pada umumnya. Namun, tidak jarang pula ditemui pertanyaan mengenai apa itu Mbps pada Wifi pada sebagian orang lainnya. Hal tersebut terutama berkaitan dengan penggunaan internet yang ada.

Perlu diketahui oleh pengguna mengenai istilah Mbps tersebut karena di masa kini penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan yang penting. Berikut ini adalah ulasan terkait Mbps yang bermanfaat dalam pengaksesan internet, terutama pengguna Wifi.

Apa itu Mbps pada Wifi?

Mbps sendiri merupakan singkatan dari Megabit per second dan dijadikan sebagai salah satu ukuran kecepatan transfer data pada penggunaan internet. Biasanya, istilah ini sering ditemui pada penawaran kuota internet dari provider maupun media Wifi.

Dalam kaitan dengan pertanyaan, apa itu Mbps pada Wifi? Tidak lain mengartikan kecepatan akses internet pada penggunaan media Wifi. Bahkan, jika akses Wifi dilakukan pada ponsel, pengguna dapat melihat satuan kecepatan akses tersebut di ponselnya.

Hal terkait Mbps pada Wifi penting diketahui untuk mengukur koneksi jaringan atau kecepatan internet dari Wifi yang digunakan. Misalnya saja jika tertera 10 Mbps, berarti sama dengan 1,25 MBps karena 1 Byte bernilai 8 bit.

Pada contoh lainnya, jika Mbps pada Wifi dalam penggunaannya tertera 10 Mbps, berarti dalam tiap satu detik, kecepatan data yang bisa ditransfer atau dipindahkan adalah 10 Megabit. Bit sendiri adalah bagian terkecil dalam daya jaringan.

Tidak jarang pula, pengguna terkadang merasakan browsing atau penggunaan internet lainnya cukup lambat walaupun memakai akses dari Wifi. Maka dari itu, pengguna harus mengetahuinya untuk memantau penggunaan internet dari penyedia/provider maupun dalam penggunaan Wifi.

Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Mbps pada Wifi

Mbps sering dijadikan satuan ukuran pada jaringan internet seperti Wifi. Serta ada juga faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kecepatan akses internet tersebut, di antaranya adalah:

  • Kuota internet yang berbeda. Pada setiap layanan internet yang ada, tentu menyediakan kuota yang berbeda-beda, seperti 10 Mbps, 20 Mbps dan lainnya. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat Mbps untuk kecepatan akses internet tentunya.
  • Jumlah pengguna serta pemakaiannya. Semakin banyak pengguna serta pemakaiannya yang beragam untuk akses internet, tentu mempengaruhi tingkat kecepatan koneksi internet itu sendiri.
  • Jenis kabel internet. Setiap jenis kabel yang digunakan dalam pemasangan akses internet bisa berbeda satu sama lain. Misalnya saja pada jenis kabel tembaga dan fiber optic. Keduanya memiliki kemungkinan kecepatan akses internet yang berbeda.
  • Lainnya. Faktor lainnya juga dapat mempengaruhi kecepatan akses internet. Seperti kekuatan sinyal, kecepatan layanan akses tiap provider yang bisa saja berbeda dan lain sebagainya.

Perbedaan Mbps dan MBps

Di lain sisi, pengguna juga perlu mengetahui perbedaan antara Mbps dan MBps dalam penggunaan internet. Meski perbedaan yang jelas terlihat pada huruf  “b” dan “B”, tapi ada perbedaan lain antara keduanya, yaitu seperti berikut ini:

  • Mbps singkatan dari Megabit per second, sedangkan MBps kepanjangannya adalah Megabyte per second.
  • Nilai Mbps lebih kecil dari pada MBps karena 1 Byte bernilai 8 bit.
  • Kecepatan koneksi internet biasanya diukur dengan satuan Mbps.
  • Kecepatan transfer data pada perangkat diukur menggunakan satuan MBps.
  • Mbps biasa digunakan pada jaringan internet atau Internet Service Provider, misalnya Indihome, Biznet dan sebagainya,
  • MBps biasa dipakai pada perangkat seperti ponsel, komputer dan lainnya.

Dengan mengetahui apa itu Mbps pada Wifi serta faktor yang mempengaruhinya, dapat memberikan informasi bagi pengguna terkait pemakaian internet tersebut untuk kegiatan sehari-hari. Begitupun dengan mengetahui perbedaan antara Mbps dan MBps agar tidak keliru lagi.

You may also like

Leave a Comment