Perintah dan Kegunaan Shortcut untuk Memindah Semua Isi folder Secara Berurutan

Apa itu shortcut keyboard?

Shortcut keyboard adalah kombinasi tombol keyboard yang Anda tekan untuk melakukan berbagai tugas menggunakan komputer. Menggunakan shortcut seringkali lebih cepat daripada mouse karena Anda posisi kedua tangan Anda tetap pada keyboard. Shortcut juga universal, yang berarti Anda dapat menggunakan banyak shortcut yang sama pada berbagai perangkat lunak. Misalnya, Anda dapat menggunakan shortcut copy (salin) dan paste (tempel) menyalin dan menyisipkan teks dalam aplikasi pengolah kata dan browser web.

Cara menggunakan shortcut

Sebagian besar shortcut keyboard membutuhkan Anda untuk menekan dua atau lebih tombol dengan urutan tertentu. Misalnya, shortcut Ctrl dan X dilakukan dengan menekan dan menahan tombol Ctrl kemudian tekan tombol X, dan lepaskan keduanya.

Stock foto shortcut keyboard orang yang melakukan

Mayoritas shortcut menggunakan tombol Ctrl (Control) atau Alt. Anda akan menemukan tombol-tombol ini di pojok kiri bawah keyboard.

Foto sisi kiri keyboard PC

Menggunakan shortcut pada teks

Shortcut-shortcut keyboard sangat berguna ketika memanipulasi teks pada aplikasi pengolah kata, e-mail, dan lain-lain. Shortcut ini dapat membantu Anda melakukan tugas-tugas yang berulang, seperti menyalin dan menyisipkan teks.

  • Ctrl dan X: Cut teks yang dipilih.
  • Ctrl dan C: Menyalin teks yang dipilih.
  • Ctrl dan V: Paste teks yang disalin atau di-cut.
  • Ctrl dan A: Memilih semua teks pada halaman atau jendela yang sedang aktif.
    Screenshot dari Microsoft Word
  • Ctrl dan B: Cetak tebal teks yang dipilih.
  • Ctrl dan I: cetak miring teks yang dipilih.
  • Ctrl dan U: cetak garis bawah teks yang dipilih.

Menggunakan shortcut pada berkas dan aplikasi

Anda juga dapat menggunakan shortcut untuk membuka, menutup, atau berpindah aplikasi. Ketika Anda sedang mengelola berkas (misalnya berkas dokumen Microsoft Word), maka shortcut dapat digunakan untuk membuat berkas baru, mencari kata, dan cetak dokumen.

  • Ctrl dan Alt dan Delete: Memaksa menutup aplikasi yang hang atau tidak responsif. Shortcut ini akan mengaktifkan Task Manager. Lalu Anda dapat memilih aplikasi yang tidak responsif dan menutupnya.
    Screenshot dari Task Manager
  • Delete: Memindahkan berkas ke Recycle Bin.
  • Enter: membuka atau mengaktifkan aplikasi atau berkas yang dipilih.
  • Ctrl dan N: membuat berkas baru.
  • Ctrl dan O: Membuka berkas yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Ctrl dan S: Menyimpan berkas yang sedang aktif saat ini.
  • Ctrl dan Z: undo (pembatalan) tindakan sebelumnya. Jika Anda ingin melakukan shortcut redo, maka tekan Ctrl dan Y.
  • Tombol Windows: mengaktifkan menu Start (atau layar Start pada Windows 8).
    Foto keyboard PC

Shortcut internet

Shortcut juga dapat digunakan untuk navigasi browser web Anda. Banyak shortcut di atas yang dapat digunakan juga pada aktivitas online Anda, seperti memilih, menyalin, dan menempelkan teks ke dalam kolom isian alamat browser web. Mungkin beberapa shortcut ini dapat sedikit berbeda tergantung pada browser yang Anda gunakan.

  • Ctrl dan N: Membuka jendela browser baru.
  • Ctrl dan T: Membuka tab browser baru.
    Screenshot dari Google Chrome
  • Ctrl dan D: Bookmark halaman situs web saat ini.
  • Ctrl dan B: menampilkan daftar bookmark.
  • Ctrl dan J: menampilkan daftar berkas-berkas yang diunduh online.
    Screenshot dari Firefox

Menggunakan tombol Alt untuk menampilkan menu

Saat Anda menekan tombol Alt, maka Anda dapat melihat akses ke semua menu di aplikasi yang sedang Anda gunakan saat ini. Dengan demikian, Anda dapat melakukan hampir semua tugas hanya melalui keyboard Anda. Misalnya, Anda dapat menekan tombol Alt dan F dan X untuk menutup aplikasi. Saat Anda menggunakan shortcut ini, Anda tidak perlu menahan tombol Alt.

Screenshot dari Microsoft Word

Menemukan lebih banyak shortcut

Pada sebagian besar aplikasi, Anda akan menemukan informasi shortcut di sebelah menu. Pada beberapa aplikasi, Anda mungkin perlu untuk mengarahkan kursor mouse pada menu atau tombol untuk informasi menampilkan shortcut keyboard.

Screenshot dari Firefox
Screenshot dari Microsoft Word

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak shortcut keyboard, silahkan tinjau di sini dari panduan kami tentang Tips dan Trik Tech Savvy.

✅Baca Juga  Apa yang dimaksud Dengan Microsoft Excel ?

Aplikasi-aplikasi umum pada Windows

Windows sudah dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi built-in yang banyak manfaatnya. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu Anda mengerjakan tugas-tugas rutin, seperti browsing internet, mengelola kalender, dan belanja musik.

Sebagian besar aplikasi ini dapat dibuka melalui klik tombol Start, kemudian klik ikon aplikasi yang Anda inginkan. Anda mungkin perlu memeriksa menu Start untuk menemukan aplikasi yang Anda cari. Tinjau panduan kami tentang navigasi Windows di sini.

Windows 10 start menu

Browser web

Internet Explorer adalah salah satu aplikasi yang paling dikenal di internet, terutama karena telah di-bundling pada banyak versi Windows selama 20 tahun terakhir. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan fitur browser standard, termasuk bookmark situs web favorit Anda.

logo Microsoft Edge

Microsoft Edge menggantikan Internet Explorer pada Windows 10, tetapi tetap memiliki fungsi yang sama. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur baru dari Internet Explorer, termasuk opsi untuk menampilkan halaman web dalam format yang mudah dibaca dan integrasi dengan komponen lain dari Windows 10.

Aplikasi Produktifitas

Windows 8 dan 10 menyediakan beberapa aplikasi produktivitas yang dapat membantu Anda mengerjakan tugas sehari-hari, seperti mengelola email dan kalender, navigasi rute peta, dan mengelola catatan.

Mail dan Calendar adalah aplikasi yang menghubungkan akun Anda dengan layanan-layanan seperti Microsoft, Google, dan Apple. Kedua aplikasi ini melakukan sinkronisasi inbox email dan kalender dari layanan-layanan ini lalu menampilkannya dalam satu jendela di komputer Anda.

Maps (aplikasi yang didukung oleh Bing Maps) memberikan Anda akses navigasi dan fitur pencarian rute peta atau jalan. Selain itu, aplikasi ini mempunyai beberapa fitur tambahan seperti pin lokasi dan menyimpan rute arah di semua perangkat Windows Anda.

Maps di Windows 10

OneNote adalah aplikasi pengelola catatan canggih yang pada awalnya disertakan dengan Microsoft Office, tetapi sekarang adalah aplikasi default pada Windows 10. OneNote dapat digunakan untuk mengelola koleksi catatan yang dapat di-share.

✅Baca Juga  Cara Download Video Facebook HD

Aplikasi multimedia

Aplikasi Photos (Foto) –yang diperkenalkan pada Windows 8– adalah aplikasi pengelola foto digital yang membantu Anda untuk menyimpan, menyortir, dan menampilkan foto di komputer Anda. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit, penyimpanan awan , dan sharing foto pada media sosial.

aplikasi Photos di Windows 10

Aplikasi “Groove Musik” dan “Movies & TV” adalah aplikasi yang di-bundling dengan Windows 10 untuk mengakses layanan media online Microsoft. Groove Musik dapat memutar musik yang tersimpan di komputer dan akun OneDrive Anda, dan dapat streaming musik online dengan berlangganan paket bulanan. Anda dapat memutar video yang tersimpan di komputer Anda dengan aplikasi “Movies & TV”, serta Anda dapat menggunakannya juga untuk membeli film dan serial TV online.

Windows Media Player adalah aplikasi standard Microsoft yang di-bundling pada sebagian besar versi Windows. Aplikasi ini dapat memainkan hampir semua jenis berkas audio dan video yang tersimpan di komputer Anda.

Pengaturan Komputer

Control Panel adalah fitur Windows yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan pengaturan komputer Anda. Aplikasi Settings (diperkenalkan pada Windows 8) memberikan Anda akses ke sebagian besar pengaturan komputer Anda yang dirancang dengan tampilan pada perangkat tablet.

Control Panel pada Windows
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.