Kerajinan Kerang yang Menakjubkan dan Cara Membuatnya

Kerang sendiri merupakan model fauna air yang kehidupanya sekedar tersedia di dasaran bahari, karakteristik fauna itu punyai sepasang cangkang yang saling berhubungan.

Tak sekedar tersebut tersebut model fauna bahari atau yang dikenalnya bersama dengan kerang itu miliki segudang kasiat untuk tubuh supaya bukan heran kecuali kerang tak terhitung di buru oleh manusia.

Tak hanya berguna untuk tubuh, type fauna kerang juga tak terhitung dijadikan oleh para pengrajin untuk dijadikan sebagai bahan primer didalam pembuatan kerajinan tangan yang unik dan menarik.

Adapun contoh dan hasil kerajinan itu adalah sebagai berikut ini.

Apa Tersebut Kerajinan Kulit Kerang?

Kerang merupakan tidak benar satu model fauna air yang terhitung fauna bertubuh lunak (Moluska).

Definisi kerang bersifat generik dan bukan mempunyai arti biologis, namun penggunaannya tersebar luas dan digunakan di dalam aktivitas ekonomi.

Di dalam arti luas, kerang signifikan seluruh moluska bersama sepasang kerang, dan di dalam pengertian ini lebih tepat untuk menyebutnya kerang dan sebanding bersama dengan arti kerang yang digunakan di Amerika.

Contoh pemakaian layaknya ini sanggup dilihat didalam istilah “Kerajinan kerang”.

Kata kerang berasal berasal dari suatu kata kerang-kerangan yang hidupnya menempel. Model kerang ini juga tipe fauna yang bisa dimakan.

Tapi tersedia juga kerang yang bukan sanggup dimakan layaknya kerang darah dan kerang hijau (Kupang awung), biasanya karag ini menggeletak di pasir atau di area perairan, layaknya lokan dan remis.

Hasil kerajinan berasal dari cangkang kerang merupakan kerajinan yang unik dan disukai segudang orang.

Cangkang kerang miliki ukuran kecil dan punya pipih yang sanggup dibuat untuk pelapis area layaknya sabun, penghias frame foto atau cermin, lampu, kotak perhiasan, dan masih segudang ulang.

✅Baca Juga  3 Uang Ini dan Peran Sewasta Bakal Ngegas Perekonomian RI

Daftar Isi

Mengapa Mesti Kulit Kerang?

Alasan mengapa perlu kulit kerang? Tidak benar satunya yakni bahan yang enteng ditemukan dan juga ramah lingkungan dan harga yang terbilang murah.

Supaya membawa dampak kulit kerang jadi keliru satu pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai bahan untuk kerajinan yang unik dan menarik.

Tak sekedar tersebut kulit kerang terlampau ringan ditemukan dan ringan dicari, untuk mencarinya sendiri kalian memadai pergi ke pantai lalu lihatlah terhadap tepi-tepi pantai

Disanalah biasanya kalian akan menemukan beragam tipe bahan cangkang kerang yang udah bukan terpakai. Sesudah itu apa saja kegunaan berasal dari bahan kulit kerang?

Kegunaan Kulit Kerang

Barangkali tersedia berlimpah sekali faedah berasal dari kulit kerang tak hanya untuk sebagai bahan kerajinan tangan yang unik, kulit kerang pun bisa dijadikan sebagai alat kerokan tradisonal.

Alat kerokan merupakan alat yang biasa digunakan terhadap penduduk tradisional untuk mengobati masuk angin atau sakit enteng lainya bersama dengan cara mengerokan terhadap bagian badan.

Faedah lain kulit kerang yakni juga mampu dimanfaat untuk bahan primer sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan yang unik dan menarik.

Contoh hasil kerajinan berasal dari kulit kerang Bros, anting, kalung liontin, dan masih segudang ulang.

Tips? dan Cara Memilih Cangkang Kerang

Kumpulkan cangkang kerang lalu pilihlah cangkang yang bagus dan kuat.

Masukkan ke di dalam baskom.

Masukan air kedalam baskom.

Tuangkan pemutih sandang secukupnya saja, tujuan ini untuk membersihkan kerang berasal dari kotoran-kotoran sehingga nantinya sanggup terlihat putih dan higienis.

✅Baca Juga  Ini Loh Cara Screnshot di Layar Komputer

Rendam selama sehari semalam. Tujuan supaya kotoran-kotoran yang menempel, layaknya lumut dan lainya mampu mati dan terkelupas.

Lalu buang air rendaman dan bilas bersama air sampai higienis.

Bersihkan residu kotoran yang menempel terhadap celah-celah bersama dengan menggunkan sikat gigi kecil.

Bilas seluruh cangkang yang udah disikat bersama dengan kenakan air higienis.

Pada akhirnya jemur cangkang di bawah terik matahari sampai sahih-sahih kering. Kelanjutannya terkecuali cangkang kerang udah kering dan higienis, maka cangkang kerang telah bisa digunakan untuk membawa dampak prakarya simple.

Alat yang dibutuhkan

Dawai kecil

Tang

Cat

Vernis

Amplas

Pisau

Bor kecil

Kuas

Bahan yang dibutuhkan

Cangkang kering

Baskom

Bahan pemutih

Sikat gigi kecil

Dan bahan lainya jikalau diperlukan

Langkah-Langkah untuk menyebabkan kerajinan simple berasal dari cangkang kerang sebagai berikut.

Pertama buat rancangan bentuk kerajinan tangan (Prakarya) yang akan kamu buat bersama cangkang kerang yang udah dibersihkan sebelumnya.

Sebagian contoh rancangan yang unik misalnya bentuk burung, kepiting, atau barang-barang lainnya layaknya kotak perhiasan, kotak tisu dan sebagainya.

Pilih cangkang kerang bersama bentuk dan ukuran yang disesuaikan bersama rancang bangun yang sudah direncanakan.

Rangkai cangkang-cangkang kerang satu persatu bersama lem tembak.

Gunakan kabel tipe untuk memperkuat dan menstandarkan konstruksi, besar dan berat.

Berikan juga vernis sehingga hasil kerajinan tangan berasal dari kerang nampak mengkilap dan latif.

Bila wajib gunakan cat untuk memperoleh rona yang latif.

Jemur dan keringkan vernis atau cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.