Inilah Beberapa Kegiatan Ekonomi yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam

Kegiatan Ekonomi dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Pemanfaatan sumber daya alam telah dilakukan dalam berbagai bentuk aktivitas yang disesuaikan dengan sumber daya alam yang dimiliki. Aktivitas pemanfaatan sumber daya alam dapat dibagi ke dalam beberapa bentuk, antara lain :

  • Aktivitas pertanian.
  • Aktivitas perkebunan.
  • Aktivitas peternakan.
  • Aktivitas pertambangan.
  • Aktivitas perikanan.
  • Aktivitas kehutanan.

Untuk memperjelas uraian materi pada materi 2 simak penjelasan berikut

  • Aktivitas Pertanian

Negara kita adalah negara agraris. Berbagai jenis tanaman dapat tumbuh. Secara umum pertanian di Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu pertanian  lahan basah dan pertanian lahan kering. Hasil pertanian di Indonesia  antara lain padi, jagung, ubi kayu , kedelai, kacang tanah, sayuran, bunga dan buah-buahan.

 

sdr
  • Pekebunan

Perkebunan merupakan usaha penanaman lahan dengan tanaman-tanaman keras. Ada dua macam perkebunan, yaitu: perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan rakyat adalah perkebunan yang dikelola oleh rakyat. Perkebunan besar biasanya dikelola oleh pemerintah atau perusahaan perkebunan.

Perkebunan besar biasanya menanam karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu. Hasil perkebunan ini lebih ditujukan untuk ekspor sehingga dapat menghasilkan devisa bagi negara. Komoditas perkebunan Indonesia di antaranya adalah kelapa sawit, cengkeh, tebu, teh, tembakau, kopi, kelapa, pala, vanili, karet, lada dan cokelat .

sdr
  • Peternakan

Peternakan adalah usaha memelihara binatang peliharaan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil, dan peternakan unggas. Contoh peternakan hewan besar adalah peternakan sapi, kerbau, dan kuda. Peternakan hewan besar banyak dilakukan di daerah dengan padang rumput yang luas. Contohnya di Nusa Tenggara Timur. Contoh peternakan hewan kecil adalah peternakan kambing, domba, kelinci, dan babi. Contoh peternakan unggas adalah peternakan ayam, itik, entok, dan burung.

sdr
  • Perikanan
sdr
Usaha perikanan dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan laut.
Perikanan darat adalah usaha memelihara dan menangkap ikan di perairan darat. perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan air payau.
Perikanan air tawar diusahakan di sungai, danau, rawa, waduk, atau bendungan di lembah-lembah sungai dan empang, serta sawah yang digenangi air selama tanaman padi masih muda. Contoh komoditas perikanan darat adalah ikan lele, ikan mujair, ikan mas dan ikan gurame.
sdr
Perikanan air payau diusahakan di tambak-tambak yang terdapat di tepi pantai. Komoditas perikanan payau contohnya udang dan bandeng.
sdr

Perikanan air laut adalah usaha menangkap ikan di pantai atau di laut dan pembudidayaan ikan laut dalam tambak-tambak. Di Indonesia, usaha penangkapan ikan laut banyak dilakukan oleh nelayan tradisional. Lahan perikanan air laut di Indonesia sangat luas. Contoh komoditas perikanan laut adalah ikan tongkol, ikan tuna, ikan bawal, ikan kerapu, ikan tombro dan ikan tengiri.

 

  • Kehutanan
Hutan merupakan sumber daya alam yang sangat melimpah di Indonesia. Hutan dimanfaatkan oleh penduduk untuk berbagai keperluan baik sebagai sumber pangan, diambil kayunya maupun sumber tambang dan mineral berharga. Aktifitas penebangan hutan di Indonesia terus dilakukan untuk mengambil kayunya maupun dijadikan lahan pertanian, selain itu di Indonesia juga sering terjadi kebakaran hutan sehingga luas hutan di Indonesia makin berkurang.
Hasil-hasil hutan, antara lain kayu, rotan, damar, dan kemenyan. Selain hasil-hasil tersebut, hutan mempunyai fungsi penting, yaitu menjaga keseimbangan alam. Pepohonan yang tumbuh di hutan membantu peresapan air ke dalam tanah. Dengan demikian bisa menghindari terjadinya banjir. Selain itu, hutan menjadi tempat hidup serta berkembangnya berbagai satwa. Oleh karena itu, hutan tidak boleh dirusak dan harus diremajakan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar hutan tidak rusak adalah mencegah penebangan liar dan mengadakan reboisasi atau peremajaan hutan.
Pusat pengolahan sumber daya hutan terutama kayu, terdapat hampir di setiap daerah. Pusat pengolahan kayu di Jawa terutama kayu jati terdapat di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Daerah penghasil kayu hutan adalah Kalimantan, Sumatera, dan Papua.
sdr
  • Pertambangan
Indonesia memiliki berbagai macam mineral. Usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteran manusia disebut pertambangan. Perusahaan pertambangan di Indonesia dikelola oleh pemerintah dan swasta. Salah satu contoh hasil pertambangan di Indonesia adalah minyak bumi. Minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai keperluan baik rumah tangga, industri,  kendaraan bermotor bahkan sampai perusahaan listrik Negara (PLN).
Contoh pemanfaatan sumber daya alam yang lainnya adalah batu bara. Batu bara dimanfaatkan oleh rumah tangga untuk memasak dan berbagai industry seperti industry baja dan semen. Selain itu batu bara juga dimanfaatkan untuk bahan bakar kereta api.
Penggolongan barang tambang dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1.      Bahan tambang mineral logam.
Contohnya adalah timah, bauksit, besi, nikel, tembaga, dan emas.
2.      Bahan tambang bukan logam.
Contohnya adalah keramik, belerang, gibs, dan marmer.
3.      Bahan tambang sumber energi.
Contohnya adalah minyak bumi, batubara, dan gas.
by: sumber.belajar.kemdikbud.go.id

Leave a Comment