photo: mikirbae.com

Arti dari Mencintai Produk Dalam Negeri

Cinta merupakan fitrah semua insan. Setiap mausia ditanamkan dalam dirinya hati yang bisa mersa dan peka akan rasa. Cinta identiknya dikaitkan dengan sebuah pasangan yang sedang mambuk asmara. Tapi apa jadinya jika cinta dikaitkan dengan sebuah produk yang dihasilkan dari tangan manusia.

Mari kita coba lebih sepesifikan arti mencintai sebuah produk dengan menambhkan kata “Dalam Negri”.

Istilah Pasar Bebas belum lama didengar oleh masyarkat tanah air. Pasar bebas memiliki banyak dampak positif daintaranya mudahnya menemukan komoditi yang sulit dijangkau dan didapatka karena langanya komoditi tersebut di sebuah wilayah ataupun negara. Akan tetapi hal demikian tak lepas dari dampak negatif yang nantinya akan berimbas pada sektor produksi dan daya beli konsumen akan produk atau komoditi yang di produksi oleh wilayah atau negara itu sendiri. Akibatnya arus beli lebih deras kearah komoditi luar negri dan mengakibatkan gejolak dalam perekonomian. Namun hal tersebut dapat ditanggulangi dengan memunculkan rasa cinta akan produk dalam negri, dengan cara menumbuhkan rasa nasionalisme dan meningkatkan kualitas produk.

Menyayangi produk dalam negara berarti memakai produk yang dihasilkan oleh industri ataupun kelompok usaha di negaranya sendiri. Perilaku menyayangi produk dalam negara meliputi pemikiran serta perbuatan yang menampilkan kesetiaan dan kepedulian besar terhadap produk yang dihasilkan di dalam negara. Bagi Vina Budiarti Mustika Sari dalam harian Pengembangan Pendidikan buat Menanamkan Cinta Produk dalam Negara( 2018), perilaku menyayangi produk dalam negara wajib ditanamkan semenjak dini sebab dapat berakibat besar untuk perekonomian negeri. Pemakaian produk dalam negara menampilkan keahlian dan kemandirian perekonomian bangsa. Dengan begitu, perilaku ketergantungan dengan negeri lain bisa dikurangi. Mengutip dari harian Menyayangi Produk dalam Negri selaku Wujud Nasionalisme terhadap Indonesia( 2021) karya Indriana Wijayanti, menyayangi produk dalam negara tercantum perilaku bela negeri ataupun nasionalisme. Sebab perilaku menyayangi produk dalam negara berarti warga bangga dengan apa yang dihasilkan di negaranya sendiri.

✅Baca Juga  Harga dan Spesifikasi Hyundai Palisade Terbaru 2021

Daftar Isi

Akibat tidak menyayangi produk dalam negara

Makna menyayangi produk dalam negara merupakan perilaku bangga memakai produk yang dihasilkan di negaranya sendiri. Perilaku bangga ini dapat ditunjukkan melalui pemikiran dan perbuatan yang memperlihatkan kesetiaan terhadap produk dalam negara. Kebalikannya, perilaku tidak menyayangi produk dalam negara berarti tidak memakai produk yang dihasilkan di negaranya sendiri. Produk yang digunakan umumnya ialah benda impor ataupun dari luar negara.

Berikut sebagian akibat tidak menyayangi produk dalam negara:

  1. Berkurangnya lapangan pekerjaan. Aktivitas usaha dalam negara jadi tersendat ataupun dapat tergerus oleh benda impor.
  2. Meningkatnya angka pengangguran sebab aktivitas usaha lokal tergerus oleh produk luar negara. Produk lokal jadi kurang diminati.
  3. Menyusutnya tingkatan kesejahteraan warga sebab aktivitas penciptaan dalam negara tersendat, sehingga banyak warga yang tidak menemukan upah ataupun pendapatan.
  4. Lunturnya rasa cinta tanah air.
  5. Mempersempit jalan untuk memajukan ekonomi dalam negri.
  6. Hialngnya rasa bangga akan karya anak bangsa.

Akibat positif menyayangi produk dalam negara

Kita wajib menyayangi produk dalam negara, sebab perilaku ini mempunyai beberapa akibat positif, ialah:

  1. Menolong perekonomian sesuatu negeri.
  2. Menolong meningkatkan kelompok usaha lokal.
  3. Membuka lapangan pekerjaan buat menciptakan banyak produk lokal.
  4. Membuat produk lokal terus menjadi diketahui.
  5. Meningkatkan perilaku nasionalisme.
  6. Meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat dalam negri.

Demikian ulasan mengenai arti cinta produk dalam negri dan dampaknya dalam perekonomian.

Miliki pembaharuan kabar opsi serta breaking news tiap hari dari floorswart. com

Leave a Reply

Your email address will not be published.