Kenapa Para Pemilik Usaha Mesti Saling Menghargai dan Menghormati

photo:ilustrasi/pexel

Sebagai mahluk sosial kita tidak bisa hidup sendiran, oleh karena itu kita harus saling menghormati dan  menghargai,

pasti membutuhkan bantuan orang lain. Namun dalam melakukan kegiatan sosial atau ditempat kerja sering terjadi perbedaan pendapat bahkan  menimbulkan perselisihan.

Hal ini tentu menjadi tidak nyaman, kita yang seharusnya bersatu untuk memajukan perusahaan, namun karena perbedaan pendapat sehingga komunikasipun menjadi tidak lancar. oleh karena itu, kita sebagai mahluk sosial harus menghindari hal tersebut.

Solusinya yang terpenting adalah kesadaran diri sendiri bahwa perbedaan pendapat adalah hal yang biasa, dan menghargai pendapat orang lain itu adalah suatu kewajiban.

Beberapa hal menghargai orang lain:

1. Menghargai Orang Lain Bukan Menunjukkan Kelemahan

Sejak dahulu, kita merasa lemah dan kalah jika kita bersikap menghargai orang lain, dengan sikap kita dengan menghargai keputusannya berarti kita telah mengajarkan kepada orang lain bagai mana mereka juga harus menghargai pendapat kita, sehingga tidak diperlukan adanya perselisihan. Jadi menghargai bukan berarti kalah atau lemah tetapi kita memiliki pemikiran yang sangat dewasa

2. Menjadi Lebih Matang

Dengan bersikap saling menghormati tentu kita akan menghindari untuk menjaga ucapan kita, karena dari sinilah yang paling sering terjadi perselisihan, meskipun orang lain memancing emosi kita, sebaiknya kita tahan amarah kita dan menjawab dengan tenang.

Hal ini memang sangat sulit untuk dilakukan namun dengan berjalannya waktu kita akan semakin matang, dalam menghadapi perbedaan pendapat. Dengan tidak mengikutsertakan emosi dalam berfikir maka keputusan yang akan diambil akan lebih baik.

✅Baca Juga  Cara Gampang Daftar Internet Banking BRI Lewat HP Android

3. Orang Lain Akan Menghormati

.Sikap menghargai orang lain merupakan nilai manusia yang terbaik di dunia, tak ternilai harganya. Dimanapun dan kemanapun kita bepergian, jika kita selalu bersikap menghormati dan menghargai orang lain, maka hati orang lain akan terbuka dan akan berbalik menghoramati kita.

Saling menghormati tentu di bangun dengan rasa pengertian dan kebajikan, tidak dengan cara – cara yang keras dan negatif. Hargai orang lain,misalnya dalam suatu perusahaan ada yang berbeda pendapat, maka hargailah, karena mungkin dia memiliki cara yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama untuk memajukan perusahaan.

4. Komunikasi dan Kerjasama akan terbangun

Bersaing secara sehat adalah wajar, namun jangan sampai menimbulkan perselisihan, meskipun berbeda pendapat tetapi harus saling pengertian, dengan saling menghormati dan menghargai komunikasi dapat dilakukan sehingga kerjasamapun bisa terbangun.

5. Persaingan Yang Sehat

Dalam dunia usah banyak sekali sektor yang bisa dijadikan peluang. Tapi juga akan banyak pesaing yang bermunculan, maka persainganpun tak dapat dielakan dan tak jarang terjadi berbagai masalah yang timbul dari persaingan ini, bisa saja kecurang terjadi bahkan konflik pun bukan tidak mungkin tak terelakan. Meski demikian tak ayal jika sesama pengusaha saling menghormati dan menghargai satu sama lain maka akan muncul jiwa sportifitas dalam persaingan usaha dalam bentuk meningkatkan kualitas, meningkatkan kinerja dan hasil yang maksimal serta hal-hal dalam bentuk positif yang nantinya berujung kepada sebuah kebaikan. Dengan demikian tidak ada lagi rasa saling menjatuhkan dan iri dengki sesama peilik usaha. Bersinergi dan berkolaborasi tetntunya lebih tepat dan lebih baik ketimbang saling menjatuhkan.

6. Hasil Usaha Yang Maksimal

Selain bentuk kerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal, menghormati dan menghargai sesama pemilik usaha juga dapat meningkatkan kinerja dan mencapai hasil yang maksimal. Hal itu disebabkan karena seorang pengusaha yang menhormati dan menghagai pengusaha lain akan lebih fokus kepada apa yang menjadi tagert proyeknya dan terlepas dari bayang-bayang pegusaha lain.

✅Baca Juga  Catatan Singkat Perihal Citra Diri Seseorang disebut?

Semoga ulasan ini bermafaat bagi pembaca dan bisa memotivasi.

by: adminpublik.uma.ac.id

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.