photo:ilustrasi/pexels

Apa Sebenarnya Prinsip Kerja Kompor Tenaga Surya

Kompor Tenga Surya merupakan salah satu dari sekian alternati teknologi yang hanya menggunakan energi panas matahari, namun untuk mebuat satu kompor ini diperlukan beberapa bahan utama yang nantinya akan digunakan sebaga  kompor bertenaga surya. Diantara bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Kompor Tenaga Surya yaitu alumunium foil dan karton hitam. Selain memiliki fungsi tertentu dalam membuat dalam pembuatan kompor tenaga surya, alumunium foil juga memiliki prinsip-prinsip dasar dalam penggunaanya. Bagi adik adik Kelas 6 yang sedang diberi tugas praktek dan mungin kesulitan menjawab pertanyaan terkait prinsip-prinsip kerja dalam kompor bertenaga surya bisa simak penjeasanya sebagai berikut:

Bagaimanakah prinsip kerja kompor tenaga surya? Persoalan tersebut ialah muatan pelajaran IPA buat adik- adik kelas 6, tema 4 globalisasi serta subtema 3 globalisasi cinta tanah air.

Butuh diingat, pembahasan tentang gimana prinsip kerja kompor tenaga surya ialah panduan untuk orang tua siswa.

Adik- adik diharapkan bereksplorasi lebih lanjut serta mencari jawaban yang lain, sehingga jawaban ini tidak selamanya absolut.

Orang tua di rumah diharapkan menolong putra serta putrinya buat mengamati gimana prinsip kerja kompor tenaga surya supaya menolong proses belajar mengajar.

Adik- adik serta orang tua yang terdapat di rumah, butuh dikenal kalau meningkatkan pemakaian tenaga alternatif ialah salah satu bentuk nyata perilaku cinta tanah air.

Kompor tenaga surya ialah kompor ataupun fitur memasak yang memakai cahaya matahari selaku sumber energinya.

Kompor surya sanggup menciptakan temperatur lebih dari 200 derajat Celcius. Panas yang dihasilkan dari kompor surya dapat dimanfaatkan buat memasak beras 1, 5 kilogram sepanjang 2 jam dengan hasil yang sama dengan rice cooker.

Cahaya matahari bisa dimanfaatkan buat kompor surya dari jam 09: 00 sampai jam 16: 00.

✅Baca Juga  Membuat Business Manager untuk Facebook Ads

Tidak hanya panel surya, tenaga matahari pula bisa dimanfaatkan dalam aktivitas tiap hari. Contohnya ialah pada kompor tenga surya.

Prinsip kerja dari kompor surya ini nyaris sama dengan panel surya, ialah mengumpulkan panas matahari ke suatu titik sehingga tenaga panas terpusat pada satu titik.

Perbandingan dengan panel surya merupakan kompor ini memakai aluminium foil, tenaga panas yang sudah terkumpul hendak jadi sumber panas yang hendak memanaskan bahan santapan.

Apa yang jadi kekurangan dalam aktivitas tersebut? Kekurangan di percobaan awal merupakan:

1. Banyaknya jumlah mentega pada mangkuk berbeda

2. Posisi kardus kurang pas, posisi kardus tidak memantulkan cahaya matahari ke dalam kardus yang bercorak gelap.

Persoalan:

Bagaimanakah prinsip kerja kompor tenaga surya?

Jawaban:

Prinsip kerja kompor surya merupakan mengumpulkan panas matahari ke suatu titik sehingga tenaga panas terpusat pada satu titik.

Demikian uraian pendek mengenaia apa dan bagaimana prinsip kerja kompor tenaga surya, muatan pelajaran IPA buat adik- adik kelas 6, tema 4 globalisasi serta subtema 3.

Semoga dapat membantu adik-adik dan orang tua menyelesaiakan pesoalan menegnai prinsip kerja kompor tenaga suraya. Jawaban ini tidak pasti benar 100 persen sehingga alngkah baiknya untuk menelaah jawaban-jawaban yang lain yang sekiranya masih berkesinambungan dan berkaitan baik itu dari para guru maupun dosen universitas yang tentunya lebih kredible.

Tetap semangat belajar meski musim pandemi belum berhenti, dan selalu jaga diri agar tidak terkena wabah yang melanda dan jangan lupa berdoa; karena usaha tanpa berdoa itu sia-sia. Selamat beraktifitas dan tetap bahagia.

Disclaimer: Kunci jawaban tersebut cuma ialah panduan untuk orangtua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas cumalah contoh serta tidak absolut. Floorswart tidak bertanggungjawab atas kesalahan jawaban.

✅Baca Juga  Contoh Usaha Makanan yang Menjanjikan Saat Ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.