Fungsi Aluminium Foil dan Karton Hitam Dalam Penerapan Kompor Tenaga Surya

photo:ilustrasi/pexels

Fungsi Aluminium Foil dan Karton Hitam Dalam Penerapan Kompor Tenaga Surya,
Pemanasan Global sangat berdampak terhadap lingkungan, Sehingga banyak muncul gagasan-gagasan untuk menanggulangi dampak tersebut. Seperti energi alternative yang ramah akan lingkungan dan juga dapat diperbaharui banyak menjadi topik pembahasan di penjuru dunia. Termasuk diantaranya Kompor Tenaga Surya yang mana kompor ini menggunakan tenga matahari untuk menghasilkan panas api. Kompor ini banyak dikembangkan di berbagai daerah sebab biaya dan bahan pembutan mudah didapat terlebih bahan utama yang didapat secara gratis dari alam yaitu sinar matahari. Bebrapa komponen yang diperlukan untuk membuat kompor tenaga surya diantaranya alumunium foil dan karbon hitam. Kenapa bahan tersebut dibutuhkan untuk membuat kompor tenga surya bisa disimak penjelasanya sebagai berikut.
Apa sebenarnya fungsi alumunium foil dan karton hitam pada pembuatan kompor tenaga surya dalam percobaan membuat kompor tenaga surya.
Teman teman sekalian kali ini teman-teman akan mempelajari tentang energi alternatif yang biasanya diajarkan di mata pelajaran IPA kelas 6, lulusan tahun kemarin tentunya sudah paham bukan.
Teman-teman sekalian apakah teman-teman sudah mengetahui bahwa mengembangkan pemanfaatan energi alternatif bisa menjadi salah satu bagi teman teman dalam mewujudkan sikap cinta tanah air dan peduli lingungan lho.
Energi panas matahari selain bisa dimanfaatkan dengan menggunakan panel surya, juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari yang sederhanad dan mudah dilakukan.
Contoh salah satu kegiatan sederhana sehari-hari yang bisa memanfaatkan energi panas matahari adalah dengan menggunakan kompor tenaga surya. Teman-teman bisa mencoba membuat kompor tenaga surya, Teman-teman juga tidak perlu khawatir karena prinsip kerja kompor bertenaga surya hampir sama dengan prinsip kerja panel surya, yaitu mengumpulkan energi panas matahari ke satu titik sehingga energi panas matahari akan terpusat pada satu titik.
Diantara Perbedaan kompor bertenaga surya dengan panel listrik hanya terletak pada penggunaan alumunium foil pada kompor bertenaga surya, alumunium foil berfubgsi untuk mengumpulkan, dan memantulkan atau memfokuskan energi panas matahari ke arah satu titik sehingga nantinya energi panas yang terkumpul akan menjadi sumber panas yang memanaskan bahan makanan.
Selain menggunakan alumunium foil, dalam pembuatan kompor tenaga surya, teman-teman juga membutuhkan bahan yaitu karton hitam. Karton hitam difungsikan untuk menyerap energy panas matahari.
Sehingga nantinya energi panas matahari yang telah terkumpul dan dipantulkan oleh alumunium foil tidak tebuang secara sia-sia karena diserap oleh kotak karton berwarna hitam.
Dari pemaparan diatas, teman-tema sudah bisa paham kan tentang pemanfaatan energi alternatif yang digunakan dalam aplikasi percobaan pembuatan kompor tenaga surya.
Jika teman-teman sudah paham akan penjelsan di atar, berarti teman-teman sudah bisa menentukan jawaban dari pertanyaan apa fungsi alumunium foil dan karton hitam pada kompor tenaga surya dalam percobaan membuat kompor tenaga surya.
Berikut ini adalah jawaban pertanyaan apa fungsi alumunium foil dan karton hitam pada kompor tenaga surya dalam percobaan membuat kompor tenaga surya.
Fungsi dan kegunaan alumunium foil pada percobaan mebuat kompor tenaga surya ada dua, adalah:
• Mengumpulkan energi panas dari matahari
• Memantulkan atau memfokuskan energi panas matahari ke titik tertentu atau kedalam kotak karton berwarna hitam
Sedangkan fungsi karton hitam yaitu untuk menyerap energi panas matahari yang telah dipantulkan oleh alumunium foil.
Teman –teman sekalian itulah pemaparan tentang kunci jawaban dari soal kelas 6 SD Tema 4 Subtema 3 apa itu fungsi alumunium foil dan karton hitam pada kompor tenaga surya dalam percobaan membuat kompor tenaga surya.
Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanyalah merupakan panduan bagi orang tua siswa. Siswa bisa juga bereksplorasi dengan jawaban-jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah salah satu contoh dan tidak mutlak.
Tetap semangat belajar dan berkarya untuk menjujng tinggi martabat bangsa, Bangsa Indonesia yang ramah orangnya santun tingkah lakunya luhur budi pekertinya dan memiliki akhlak yang mulia karena kita siapa ??? orang Indonesia . dan jangan lupa untuk teteap memegang teguh budaya kita dan bangga menjadi anak Indonesia. Terimakasih .

✅Baca Juga  Kekurangan Dari Kompor Bertenaga Panas Matahari atau Kompor Tenaga Surya

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.