Listrik dan Kompor Tenaga Surya Sebagai Solusi Ramah Lingkungan

photo:ilustrasi/pexels

Teknologi yang Ramah Lingkungan, Kita pastinya tidak asing dengan sebutan global warming ataupun pemanasan global. Global warming sendiri merupakan kenaikan temperatur bumi di atas rata- rata sehingga temperatur permukaan bumi jadi lebih panas dibanding umumnya.

 

Banyak sekali faktor- faktor yang menimbulkan global warming, antara lain semacam banyaknya gedung ataupun bangunan yang mempunyai bawah arsitektur berbasis cermin, pemborosan listrik, emisi bahan bakar semacam bensin, hutan gundul serta lain- lain. Apalagi kebanyakan produk teknologi turut menyumbang akibat dari global warming. Meningkatnya temperatur permukaan bumi akibat dari produk teknologi mengilhami banyak orang spesialnya para ilmuwan buat menciptakan teknologi yang ramah area. Terdapat sebagian teknologi yang lumayan ramah area antara lain:

Teknologi yang Ramah Lingkungan Terbaru

Pembangkit listrik tenaga surya

 

Tenaga surya ataupun yang kerap diucap solar power merupakan sumber tenaga yang dihasilkan dari proses pergantian cahaya matahari jadi listrik, baik dalam proses secara langsung memakai photovoltaic( PV) maupun secara tidak langsung memakai tenaga surya yang dikumpulkan. Sistem tenaga surya yang dikumpulkan memakai lensa ataupun cermin serta menarik sistem buat fokus pada zona cahaya matahari yang lebih besar serta menjadikannya sorotan kecil.

 

Photovoltaic mengganti sinar jadi aliran listrik memakai dampak photovoltaic. Tubuh tenaga internasional sudah merancang suatu semenjak tahun 2014 kalau hendak terdapat update energy besar- besaran di tahun 2050, solar photovoltaic serta tenaga surya yang dikumpulkan hendak menyumbang tiap- tiap 16 serta 11 persen mengkonsumsi listrik di segala dunia serta tenaga matahari hendak jadi sumber listrik terbanyak di dunia. Mayoritas instalasi tenaga surya hendak dibuat di Tiongkok serta India.

✅Baca Juga  Kantor Pos Tanggal Merah Buka atau Tutup? Cek Jadwal Terbarunya Disini!

 

Keunggulan listrik dari tenaga surya

 

  1. Kurangi tagihan listrik kita. Cahaya matahari memanglah free, jadi kita cuma membayar pemasangan buat instalasinya saja sehingga tagihan listrik kita hendak menurun apalagi kita tidak butuh lagi membayarnya.

 

  1. Memperoleh bayaran buat listrik yang kita hasilkan sendiri. Anggaran pemerintah UK pula terbuat buat rencana pembayaran listrik yang dihasilkan rakyatnya, apalagi walaupun mereka turut memakainya. Jadi mereka bukannya membayar tarif listrik tetapi mereka malah dibayar buat itu.

 

  1. Menjual listrik pada jaringan listrik. Bila sistem pembangkit listrik tenaga surya yang kita miliki memproduksi listrik melebihi yang kita butuhkan kita bisa menjualnya kembali pada industri listrik negeri, pastinya sehabis terdapat kerja sama tadinya.

 

  1. Melenyapkan sisa karbon. Listrik tenaga surya merupakan tenaga ramah area yang bisa diperbaharui serta tidak menghasilkan gas karbondioksida beresiko ataupun polusi yang lain.

Kompor tenaga surya

 

Kompor tenaga surya merupakan fitur yang memakai tenaga yang berasal dari cahaya matahari langsung buat memanaskan serta memasak santapan maupun minuman. Mayoritas kompor tenaga surya yang digunakan saat ini ini biayanya relatif murah serta ialah fitur yang berteknologi rendah walaupun kinerjanya sangat bagus dibanding kompor tradisional. Kompor tenaga surya yang berdimensi besar apalagi bisa memasak buat ratusan orang. Sebab kompor tenaga surya tidak memakai bahan bakar serta tidak terdapat bayaran yang dikeluarkan buat mengoperasikannya, banyak organisasi non profit mempromosikannya ke segala dunia dengan tujuan buat menolong kurangi beban bahan bakar yang dikeluarkan( spesialnya kala perekonomian lagi menyusut) serta pula polusi hawa. Kompor tenaga surya pula bisa kurangi penggundulan hutan akibat pengumpulan kayu bakar buat memasak. Memasak dengan memakai kompor tenaga surya ini umumnya dicoba di luar ruangan serta yang kerap digunakan dalam suasana dimana penghematan bahan bakar jadi perihal yang sangat berarti serta efek terbentuknya kebakaran begitu besar.

✅Baca Juga  Toko Kursi Kantor Terdekat, Cek Disini!

 

Prinsip kerja kompor tenaga surya

 

  1. Mengumpulkan cahaya matahari. Permukaan kaca yang mempunyai energi pantul besar digunakan buat mengumpulkan cahaya matahari dari matahari ke atas zona pemasakan yang kecil. Bergantung pada geometri permukaan kaca, cahaya matahari bisa dikumpulkan dengan sebagian sesi tingkatan temperatur besar yang dihasilkan supaya bisa melelehkan garam serta meleburkan logam.

 

  1. Pergantian tenaga sinar jadi tenaga panas. Kompor tenaga surya mengumpulkan cahaya matahari di atas wadah penerima sinar yang berupa semacam wajan. Interaksi antara tenaga sinar dengan material penerima sinar mengganti sinar jadi panas. Pergantian tersebut dioptimalkan dengan memakai material yang bisa menyalurkan serta menahan panas. Panci serta wajan yang digunakan pada kompor tenaga surya haruslah bercorak gelap pekat buat mengoptimalkan penyerapan panas.

Kelebihan kompor tenaga surya dibanding kompor berbahan bakar lainnya antara lain adalah:

  1. Tidak menghasilkan polutan hasil pembakaran.
  2. Hemat biaya dan pengadaan lebih murah.
  3. Termasuk energi alternatif yang ketersediannya tak terhingga sehingga tidak terancam kelangkaan seperti energi fosil.
  4. Jauh lebih aman, mudah dibawa ke mana-mana dan mudah disimpan.

» Ulasan

Salah satu cara terbaik menghemat energi adalah dengan beralih pada energi alternatif. Dengan cara ini, kita bisa menghemat penggunaan energi fosil yang ketersediaannya terbatas, tidak bisa diperbaharui dan banyak menghasilkan polutan yang buruk bagi lingkungan. Matahari sendiri adalah sumber energi terbesar dan utama di tata surya kita. Matahari bisa memancarkan energi cahaya dan panas. Cahaya tersebut kita gunakan sebagai penerang sementara panasnya bisa kita gunakan dalam berbagai kegiatan.

Salah satu contoh pemanfaatan energi panas matahari adalah dengan menggunakan kompor tenaga surya dalam memasak makanan. Selain bebas polutan, kompor surya juga murah, mudah diadakan dan aman digunakan.

✅Baca Juga  Memahami NFT: Makna, Metode Kerja, Contoh Pelaksanaan, serta Alibi saat sebelum Membeli

 

Beberapa macam teknologi ramah lingkungan

 

  1. biofel : tiap-tiap bahan bakar padatan, cairan, ataupun gas yang dihasilkan oleh bahan bahan organik.
  2. bahan bakar nabati (biofel) terdiri dari 3 product yaitu : Biodesel, Bioalkohol serta minyak nabati asli (pure plant oil)

 

  1. biogas yaitu gas yang gampang terbakar yang dihasilkan dari sistem fermentasi bahan bahan organik oleh bakteri aenorob (bakteri yang bisa hidup dalam lingkungan yang kedap hawa).

 

Demikian info tentang teknologi ramah lingkungan yang dapat saya sampaikan, semoda dapat bermanfaat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.