Catatan Singkat Perihal Citra Diri Seseorang disebut?

Floorswart – catatan singkat perihal citra diri seseorang disebut.. Tiap tiap manusia tentu miliki jati diri, rasa yakin diri seseorang tersebut tentu berbeda-beda. Sebelum kami mengenal orang lain sebaiknya kami perlu mengenali diri kami terlebih dahulu. Jangan dulu kami mengkritik orang lain sebelum memirsa bagaimana diri kami sendiri. Kami mengenal diri kami sendiri bersama dengan julukan AKU (Ideosintretik), sehabis tersebut kami mengenal diri kami dan orang lain yang biasa disebut AKU dan ANDA (Dyadic).

Jati diri sanggup berubah tergantung bagaiman kami mengalami momen istimewa contoh terhadap awalnya kami suka tiba-tiba tersedia kejadian yang membawa dampak kami sedih terhadap pada akhirnya kami jadi sedih. Bukti diri sosial sanggup membikin perubahan terhadap diri kami, opini orang lain dan budaya dan intraksi sosial juga bisa memicu perubahan terhadap diri kami. Bagaimana kami berintraksi terhadap lingkungan kurang lebih dan kebudayaan di lingkungan kami. Contoh tersedia seseorang yang awal nya dia bertingkah laku, berpakain biasa sesudah mengikuti ajaran lain dia jadi tetutup didalam arti dia bukan mau orang lain menanyakan terkait identitasnya.

Tiap tiap orang kudu perhatikan assessment, anhencement, verificasion &Nbsp;Terkecuali seseorang bukan punyai tiga evaluasi ini, dia bukan menyadari jati dirinya sendiri dan kami bukan boleh meremehkan orang lain. Ketiga evaluasi ini disebut harga diri, harga diri kerap kami sebut bersama dengan yakin diri (Pd)

Akhirnya di didalam image kami terdapat kognitif, pengalaman dan asa yang di mana ketiga ini sangan tentang. Berasal dari ilmu dan pengalaman kami akan menjadikan suatu asa yang kami udah melihat, dengar dan alami.

Menjawab pertanyaan orang perihal “Siapakah Kamu?” tak sesederhana menimpalinya bersama julukan lengkap. Apalagi, sekadar biodata soal daerah tinggal sampai hobi pun tak memadai. Dikarenakan, jawaban yang tepat tentang bersama dengan konsep diri, yaitu bagaimana cara pandang Kamu pada diri sendiri.

✅Baca Juga  Viral di Tiktok, Aplikasi Pengantin ini Bisa Bikin Kamu Serasa Menjadi Pengantin Beneran!

Tak tanggung-tanggung, konsep diri adalah hal yang turut membentuk kepribadian dan caranya berperilaku di dalam lingkungan. Buktinya, tersedia orang yang memandang dirinya secara positif agar merasa yakin diri. Di sisi lain, tersedia juga yang mempunyai konsep diri negatif dan menilai diri sebagai sosok yang lemah dan bukan berdaya.

Mengenal konsep diri

Konsep diri adalah bagaimana Kamu menilai diri sendiri berdasarkan kemampuan, konduite, sampai sifat-pembawaan unik. Analoginya mirip layaknya gambar diri Kamu, tapi secara mental. Contohnya, konsep diri bahwa Kamu adalah sosok yang ramah atau sosok yang baik.

Ketika masih muda, konsep diri masih sanggup berubah-ubah dikarenakan dampak bermacam hal. Terlebih, remaja sementara menginjak fase dewasa tengah berada di fase pencarian jati diri.

Semakin tua seseorang, persepsi atas diri sendiri ini jadi semakin detail. Kamu sanggup semakin mengerti siapa diri sendiri. Terhitung memilah apa yang terhitung prioritas dan tidak.

Teori komponen konsep diri

Di dalam buku Essential Social Psychology karya Richard Crisp dan Rhiannon Turner, disebutkan komponen konsep diri yaitu:

Diri sebagai individu memuat atribut dan kepribadian yang membedakan berasal dari individu lain

Diri sebagai pemeran didalam rekanan yaitu kedekatan interaksi bersama orang lain layaknya saudara kandung, teman, dan pasangan

Diri sebagai sosok kolektif menggambarkan keanggotaan didalam kelompok sosial layaknya suku, warga negara, dan sebagainya

Ketiga komponen konsep diri di atas adalah pemberi bukti diri sadar siapa Kamu. Inilah yang memberi tambahan sifat sekaligus pembeda. Semakin detail, akan semakin terlihat ciri masing-masing.

Kala menurut teori bukti diri sosial, konsep diri ini disebut terdiri berasal dari dua elemen kunci, yaitu:

Bukti diri pribadi yaitu cii-ciri dan karakter yang membedakan berasal dari orang lain

✅Baca Juga  Ciri dan Cara Menentukan Mitra Bisnis

Bukti diri sosial yaitu cara mengidentifikasi secara sosial layaknya di dalam komunitas, agama, atau kelompok politik eksklusif

Lantas terhadap tahunan 1992, psikolog Dr. Bruce A. Bracken mengusulkan 6 tempat spesifik yang berkenaan bersama dengan konsep diri. Apa saja?

Akademik yaitu keberhasilan di sekolah

Affect yaitu kesadara akan emosi

Kompetensi yaitu kemampuan mencukupi keperluan dasar

Keluarga yaitu seberapa baik menjalankan faedah sebagai anggota keluarga

Fisik yaitu persepsi soal penampilan, kesegaran, dan suasana fisik

Sosial yaitu kemampuan berinteraksi bersama dengan orang lain

Tak sekedar tersebut, tersedia pula psikolog Carl Rogers yang memetakan konsep diri ke didalam 3 bagian, yaitu:

  1. Citra diri sendiri (Self-Image)

Cara seseorang menyaksikan dirinya sendiri yang meliputi ciri fisik, kepribadian, sampai peran secara sosial. Terkadang, self-image ini sanggup berbeda antara asumsi diri sendiri dan orang di kira-kira.

  1. Harga diri (Self-Esteem)

Self-Esteem adalah cara seseorang menghargai dirinya sendiri. Tersedia segudang faktor yang mampu berpengaruh mulai berasal dari bagaimana membandingkan diri sendiri bersama orang lain sampai cara orang lain merespons Kamu. Ketika respons orang cenderung positif, artinya self-esteem pun positif. Begitu pula sebaliknya.

  1. Ideal self

Merupakan asa terkait diri sendiri. Terhadap berlimpah masalah, terkadang cara memandang diri sendiri bersama dengan asa ini bukan mirip.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.