Manfaat Dan Tatacara Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan

Kemudahan mengakses layanan melalui teknologi merupakan kebutuhan di era digital saat ini. Dengan berbagai kemajuan inovasi teknologi, saat ini seluruh kebutuhan masyarakat dapat diakses melalui smartphone. Pengguna smartphone kini dimanjakan dengan berbagai kemudahan yang bisa diakses melalui layar gadet si pengguna.

Begitu juga dengan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia (JKN-KIS) yang tak ingin ketinggalan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Inovasi semakin diluncurkan BPJS Kesehatan, salah satunya adalah aplikasi Mobile JKN yang bisa diunduh secara gratis di AppStore maupun Google Play Store.

Ditemui di kediamannya, Hadi, salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ikut merasakan kemudahan layanan dalam Aplikasi Mobile JKN. Hadi menceritakan pengalamannya menggunakan Aplikasi Mobile JKN.

“Awalnya saya melihat brosur mengenai aplikasi Mobile JKN, kemudian ketika saya ingin mengubah fasilitas kesehatan di kartu BPJS Kesehatan, saya teringat tentang brosur tersebut dan ada teman saya juga yang menyuruh untuk mengunduh aplikasi mobile JKN agar mudah mengurus layanan JKN-KIS melalui handphone tanpa harus ke Kantor BPJS Kesehatan. Akhirnya saya unduh aplikasi Mobile JKN,” ujar Hadi.

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan bahwa awalnya ia mengunduh aplikasi Mobile JKN karena ingin mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang tercantum dalam kartunya. Namun, setelah ia mengakses aplikasi yang telah terpasang di gawainya, ternyata sangat banyak manfaat yang bisa ia rasakan dalam aplikasi Mobile JKN.

“Ternyata sangat banyak fitur dari aplikasi Mobile JKN ini yang sangat bermanfaat, termasuk fitur cek riwayat pelayanan kesehatan. Kita bisa mengetahui riwayat pelayanan kesehatan apa yang sudah kita dapatkan,” ujar Hadi.

Di akhir pembicaraan, Hadi menyampaikan harapannya agar BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta JKN-KIS.

✅Baca Juga  Aplikasi Edit Photo yang Wajib Kamu Download

“Di zaman perkembangan teknologi ini memang menuntut berbagai pihak terus menghadirkan inovasi untuk memberikan kebebasan akses bagi masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Harapannya, BPJS Kesehatan sebagai badan pelayanan publik terus menciptakan inovasinya sehingga bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal,” tutup Hadi.

Cara cek BPJS kesehatan. Ada 3 cara cek BPJS kesehatan. Pertama melalui Mobile JKN, website BPJS dan call center. Berikut ini adalah beberapa metode cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan melalui beberapa media.

Data yang diperlukan adalah nomor kartu BPJS Kesehatan atau bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Punya BPJS Kesehatan sifatnya adalah untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu sakit. Kalau tidak sakit, itu artinya BPJS Kesehatan tidak dipakai. Setelah berbulan-bulan, bahkan sampai tahunan jika tidak pernah digunakan, maka timbul pertanyaan apakah BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak?

1. Cara Cek BPJS Kesehatan Melalui Mobile JKN

Dok: BPJS Kesehatan
Dok: BPJS Kesehatan

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak yang pertama adalah dengan aplikasi Mobile JKN. Berikut ini prosedurnya:

  • Unduh aplikasi JKN Mobile, lalu buka aplikasi.
  • Login dengan menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan atau email yang didaftarkan, lalu masukan password.
  • Jika belum memiliki akun, lakukan pendaftaran dengan mengklik register.
  • Jika sudah masuk ke menu utama aplikasi, pilih menu peserta.
  • Maka sistem akan menampilkan tagihan iuran sekaligus status BPJS Kesehatan aktif atau tidak.

2. Cara Cek BPJS Kesehatan di Website

Dok: BPJS Kesehatan
Dok: BPJS Kesehatan

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak selanjutnya, bisa dilakukan lewat website resmi BPJS Kesehatan. Setiap peserta tinggal membuka laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

Lalu, Anda mengisi kolom yang tersedia seperti nomor kartu dan tanggal lahir. Maka sistem di website akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan, termasuk status iuran. Namun demikian, pengecekan di laman BPJS Kesehatan ini seringkali tidak bisa diakses.

✅Baca Juga  Harga dan Spesifikasi Hyundai Palisade Terbaru 2021

3. Cara Cek BPJS Kesehatan via Call center

Fakta BPJS Kesehatan beri bantuan Rp 78 juta (Turnbackhoax.id)
Fakta BPJS Kesehatan beri bantuan Rp 78 juta (Turnbackhoax.id)

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak berikutnya adalah dengan menghubungi call center di nomor 1500 400. Setiap peserta bisa menanyakan secara langsung kepada petugas mengenai status kepesertaan dengan menyebutkan NIK atau nomor kartu.

Selain ketiga cara yang telah disebutkan di atas, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak juga dapat dilakukan dengan cara mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Selain di kantor cabang, biasanya petugas BPJS Kesehatan juga ditempatkan di rumah sakit yang jadi rujukan. Para petugas ini pada umumnya menggunakan rompi khusus.

Itulah beberapa cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak yang dapat kalian coba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.

Sumber:

https://www.cnbcindonesia.com/

https://bekaci.suara.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.