Cara Mudah Membuat Akun Instagram Bisnis

Penting nggak sih ngubah akun Instagram biasa jadi ke versi bisnis?

Yaa…. Kalau kamu serius pengin akunmu tampil lebih profesional, jawabannya adalah penting.

Terus, apa itu Instagram Bisnis?

Sederhananya, ia adalah versi pro dari Instagram personal. Ada banyak fitur tambahan di Instagram Bisnis yang berguna untuk mengembangkan bisnismu.

Nah, di artikel ini, kita akan kupas lebih lengkap apa itu Instagram Bisnis, fitur-fitur, dan cara membuat Instagram Bisnis. Yuk cuss!

7+ Fitur Instagram Bisnis 

Mengubah akun personal ke bisnis bisa sangat berguna. Apalagi kalau kamu benar-benar bisa memakai fitur-fitur tambahan berikut secara maksimal.

1. Instagram Insights

Instagram Insights adalah tool analytics yang otomatis muncul setelah kamu beralih ke versi bisnis.

Ia menyajikan data lengkap tentang performa akun Instagram-mu. Di dalamnya kamu bisa melihat statistik jumlah followers, impresi foto yang diunggah, jumlah post, jangkauan postingan, hingga berapa jumlah klik tautan di bio.

Masih kurang? Ada lagi, nih. Kamu pun dapat menyimak data demografi followers secara mendetail. Mulai dari gender, umur, lokasi, sampai engagement.

2. Instagram Ads

Karena Instagram milik Facebook, ia pun ikut kebagian fitur iklan yang juga dimiliki oleh perusahaan induknya.

Dengan profil bisnis, kamu bisa mengatur, menjalankan, dan melacak kampanye iklanmu secara real-time. Pokoknya mirip sama yang ada di Facebook, deh.

Kamu juga bisa mempromosikan postingan yang diunggah kalau butuh untuk nge-boost jangkauan audiens. Tinggal klik-klik.

3. Tombol Kontak

Di profil bisnis kamu bisa memasang informasi kontak dengan lebih menarik. Tidak perlu lagi repot-repot menuliskan banyak informasi di kolom bio, sebab kini kamu bakal punya tombol kontak secara terpisah.

✅Baca Juga  Cara Membuat Iklan di Facebook com ads manager

Informasi semacam rute alamat, telepon, serta e-mail dapat dibuat tombolnya masing-masing. Cuma ingin menampilkan e-mail? Bisa. Pilih saja mana yang sesuai kebutuhan.

4. Shopping dan Checkout

Ini nih fitur yang baru saja ditambahkan dan belum tersedia untuk semua akun. Nantinya kamu bisa buka toko langsung di Instagram!

Kamu bisa nge-tag langsung foto produk di feeds dan kemudian mengarahkan ke halaman Shopping. Fitur ini jelas akan memudahkan audiens-mu untuk lihat-beli-checkout. Mereka bisa langsung melakukan transaksi tanpa repot.

5. Quick Replies

Akunmu banyak dapat DM yang isi pesannya mirip-mirip? Tinggal pakai fitur Quick Replies. Hemat waktu dan tenaga.

Fitur ini memungkinkanmu untuk mengatur jawaban pesan berdasarkan daftar pertanyaan yang sering masuk. Jawabannya dapat diatur sepersonal mungkin. Jadi followers-mu pun tetap merasa dijawab oleh manusia, bukan robot.

Untuk membuat quick replies, kamu tinggal membuka profilmu. Klik tombol tiga garis di pojok kanan atas. Di situ akan terbuka sidebar di mana kamu bisa mengakses settingan Instagram.

Lalu scroll ke bawah sampai menemukan Business Settings. Nah, di situ akan tampak Quick Replies. Tinggal tambahkan jawaban otomatis berapa pun jumlahnya dengan menekan tombol +.

6. Branded Content Approval

Sebagai pemilik akun bisnis, kamu pun bisa membatasi siapa saja yang boleh menge-tag akunmu terkait konten brand.

Dengan begitu, kamu dapat mencegah pengguna lain salah tag atau sengaja nge-tag biar seolah-olah dapat endorse.

Lokasi settingan-nya sama dengan Quick Replies. Di bagian Business Setting nanti akan ada pilihan Branded Content.

Di sana tersedia tombol “Require Approvals” di mana kamu bisa menyetujui tag secara manual. Ada juga “Approved Accounts” untuk memperbolehkan akun-akun tertentu memberikan tag otomatis.

7. Tautan di Instagram Stories

Kalau kamu punya 10 ribu pengikut dan telah mengubah akunmu ke versi bisnis, kamu bisa menambahkan tautan di Instagram Stories-mu.

Atur tautan Stories ke website mana pun. Misal punya website resmi untuk cek jualan produk, kamu bisa langsung mengarahkan pengikutmu ke sana. Mereka jadi lebih gampang buat melakukan transaksi!

8. Later

Ini adalah fitur anyar di mana kamu bisa menjadwalkan postingan otomatis. Tinggal atur semuanya, lalu pilih kapan tanggal dan jam tayangnya. Kelar!

✅Baca Juga  WAR ROBOTS, Permainan apakah itu?

Tidak perlu lagi khawatir kalau lupa posting atau sedang berada di lokasi tertentu yang kebetulan nggak ada sinyal.

Untuk bisnismu, tentu saja fitur ini akan sangat bermanfaat. Tak hanya membuatmu bisa langsung menjadwal postingan tanpa perlu mantengin hp terus-terusan. Tapi kamu juga dapat menyesuaikannya dengan kapan waktu terbaik untuk mengunggah foto baru.

Engagement-nya makin oke, deh!

Cara Membuat Instagram Bisnis

Ngelihat fitur-fiturnya, sekarang kamu sudah mantap nih pengin ngubah akun personal ke bisnis. Tapi gimana caranya?

Tenang, Bitlabs bantu langkah demi langkah cara membuat Instagram Bisnis. Dijamin gampang dan cepat!

1. Buat Facebook Page untuk bisnismu

Salah satu syarat utama ganti ke Instagram Bisnis adalah punya Facebook Page yang aktif. Untungnya kamu bisa bikin halaman ini dengan gratis dan kilat.

Kalau kamu sudah punya Facebook Page, silakan langsung ke langkah selanjutnya. Kalau belum? Simak penjelasan berikut.

Buka Facebook dan kemudian login. Dari dasbor, kamu akan menemukan menu dropdown yang di situ akan ada pilihan Create Page. Klik itu.

 

Buat page

Berikutnya pilih kategori bisnismu dan ketikkan namanya. Kolom itu bisa diisi dengan nama bisnismu atau kata-kata lain yang dapat mengarahkan orang lain ketika mengetikkan keyword tertentu.

 

 

pilih kategori

Kalau sudah, kamu tinggal memasang foto profil dan sampul halaman. Personalisasikan semenarik dan serepresentatif mungkin dengan bisnismu. Jadi, deh!

pasang foto profil

 

Sekarang Page-mu sudah aktif dan siap masuk ke langkah Instagram bisnis selanjutnya.

2. Hubungkan Facebook Page-mu ke Instagram

Page sudah siap, sekarang kamu tinggal login ke akun Instagram yang siap diubah. Ingat, akunnya harus publik!

Setelah itu, klik profil, kemudian klik ikon di pojok kanan atas dan masuklah ke setting. Klik Account. Di sana akan tersedia pilihan Switch to Professional Account di paling bawah. Klik Continue dan nanti akan diarahkan ke halaman baru yang terhubung ke Facebook.

bisnis instagram pilihan

Berikutnya akan tampil Facebook Pages yang kamu miliki. Pilih yang sesuai dengan akun Instagram-mu. Klik next. Di sini kamu sudah berhasil menyambungkan Page ke Instagram.

✅Baca Juga  Cara Membuat Situs Web dengan Low Budget

pilih halaman

 

3. Atur akun Instagram bisnismu

Walau prosesnya sudah bisa dibilang selesai, tapi kamu masih punya pekerjaan: mengatur informasi tambahan.

isi identitas

Di profil bisnis yang baru saja jadi, aturlah informasi penting antara lain: nomor telepon, alamat lengkap, maupun e-mail. Pilihlah apa saja yang mau ditampilkan. Ingat! Tampilkan apa yang dirasa paling memudahkan pelanggan.

Simpan semua pengaturan. Selesai!

Instagram Bisnis vs Instagram Creator

Eitss. Selain Instagram biasa dan Instagram Bisnis, ada satu lagi profil yang namanya Instagram Creator.

Sebenarnya, profil Creator ini belum lama diluncurkan. Sebelum itu, semuanya dimasukkan ke kategori Bisnis. Akan tetapi, karena influencers makin banyak jumlahnya, dibuatlah jenis profil ini.

Nah, tentu saja Instagram Bisnis dan Instagram Creator punya fitur yang berbeda. Kalau kamu masih pikir-pikir mau pakai profil yang mana, coba deh cek perbandingan fiturnya di bawah ini.

Creator Business
Dapat akses ke Instagram Creator Studio di versi desktop. Dapat akses ke Instagram Analytics untuk data followers dan postingan.
Dapat mengakses analytics yang spesifik buat creator, misalnya data follow/unfollow serta statistik engagement. Dapat mempromosikan postingan Instagram sebagai iklan.
Bisa memfilter direct message (DM) yang masuk. Menambahkan tautan di Instagram Stories.
Dapat memberi tag langsung pada produk brand yang dipakai/tertampil di postingan. Tidak dapat mem-private profil
Belum bisa menggunakan fitur Later. Mengatur jadwal posting otomatis dengan fitur Later.

Dari tabel di atas terlihat bahwa versi bisnis punya fitur yang lebih banyak. Pengguna dapat menambahkan informasi kontak, memperoleh akses insights, bisa mempromosikan postingan, sampai menjadwalkan postingan. Menarik, ya?

Siap Bikin Instagram Bisnis Sendiri? 

Kamu sekarang sudah paham semua hal tentang Instagram Bisnis. Mulai dari pengertian, fitur-fitur, sampai cara membuatnya. Gimana? Gampang banget, kan?

Jadi, kalau kamu serius ingin mengembangkan bisnismu, jangan ragu buat mengubah akun Instagram personal ke versi bisnis. Eits, jangan berhenti di situ, gunakan juga fitur-fitur andalannya—terutama insights—biar jangkauannya makin oke!

Selamat mencoba!

Sumber: https://bitlabs.id/

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.